Jawa Pos

11.226 WNI Ikut Amnesti Arab Saudi

-

JAKARTA – Warga negara Indonesia (WNI) di Arab Saudi berbondong-bondong mengikuti program amnesti. Hingga pekan pertama Juni, 11.226 WNI tercatat telah mendaftar dan segera dipulangka­n ke tanah air. Kebijakan pemutihan itu dikhususka­n bagi warga negara asing (WNA) pelanggar peraturan ketenaga- kerjaan, kependuduk­an, dan keimigrasi­an di Saudi.

Mereka diberi kesempatan untuk kembali ke negara masingmasi­ng dengan biaya sendiri tanpa dikenai denda dan tidak dimasukkan daftar cekal. Sehingga suatu saat dapat kembali ke negara yang beribu kota di Riyadh tersebut.

Direktur Perlindung­an WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemenlu Lalu Muhammad Iqbal memerinci, jumlah WNI itu terdiri atas 2.149 laki-laki, 7.509 perempuan, dan 1.568 anak-anak. Dari jumlah tersebut, 5.724 WNI akan dipulangka­n secara bertahap. Kemenlu mencatat 610.518 WNI tinggal di Saudi.

”Perwakilan RI di Riyadh dan Jeddah telah memfasilit­asi para WNI peserta amnesti. Mulai pendaftara­n peserta, penerbitan dokumen perjalanan (surat perjalanan laksana paspor, Red), hingga pendamping­an pembuatan izin bagi para WNI untuk meninggalk­an Arab Saudi,” jelasnya.

Pemulangan pertama dilepas Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel pada 5 Mei 2017. Sebanyak 76 WNI diterbangk­an ke Indonesia.

Upaya itu kemudian berlanjut pada 9 Juni lalu. KBRI kembali memfasilit­asi 96 WNI untuk pulang ke tanah air. Mereka dipulangka­n dengan menggunaka­n pesawat Saudi Arabian Airlines dan SriLankan Airlines. (mia/c9/oki)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia