Jawa Pos

Tak Akan Bisa seperti Ibra

United Cari Pengganti Zlatan Ibrahimovi­c

-

MANCHESTER – Zlatan Ibrahimovi­c bukan pemain mahal. Dia datang ke Manchester United dengan status bebas transfer. Gajinya pun bukan yang tertinggi di United. Per pekan, striker berusia 35 tahun itu dibayar GBP 220 ribu (Rp 3,72 miliar). Gajinya kalah besar dari Paul Pogba (GBP 290 ribu/Rp 4,91 miliar) dan Wayne Rooney (GBP 260 ribu/ Rp 4,4 miliar).

Tapi, dengan harga yang tidak mahal itu, Ibra justru menjadi komponen penting di United dengan 28 golnya dalam segala ajang musim ini. Dia menyuplai lebih dari seperempat gol United musim ini. Nah, bagaimana jadinya jika pemain berjuluk Ibracadabr­a tersebut meninggalk­an United? Itulah yang dialami United musim panas ini.

Ya, klub berjuluk Setan Merah tersebut tidak memperpanj­ang kontrak Ibra yang berakhir pada 30 Juni ini. Alhasil, Ibra pun harus pergi dari Old Trafford, kandang United. Sampai berita ini ditulis, United belum merilis pernyataan resmi terkait dengan status Ibra. Tetapi, menurut situs resmi Premier League, Ibra sudah masuk daftar pemain yang tak diperpanja­ng.

’’Gol-golnya sudah memberikan trofi Community Shield dan EFL Cup untuk United. Tetapi, United memilih tak memperpanj­ang kontraknya semusim ke depan. Dia harus menjalani masa-masa pemulihan pascaceder­a,’’ sebut London Evening Standard dalam salah satu artikel terkait dengan masa depan Ibra.

Ibra mengalami cedera lutut parah dalam pertanding­an leg kedua perempat final Europa League ketika menghadapi Anderlecht di Old Trafford pada 21 April lalu WIB. Cedera itu juga yang membuat Ibra absen dalam laga final Europa League di negaranya sendiri, Swedia, 25 Mei lalu WIB.

Gelandang United Paul Pogba kepada Sky Sports menyayangk­an kepergian Ibra. Pemain yang dikenal dekat dengan Ibra itu menyebutka­n, besar arti Ibra bagi United musim ini. ’’Dia sosok yang banyak membantu kami dari sudut pandang atlet, dan juga dari sisi mental, demikian pula di luar lapangan,’’ sebut Pogba.

’’Dia orang yang luar biasa, sangat lucu. Saya banyak menghabisk­an masa-masa indah di sini bersamanya. Di lapangan, dia adalah pemenang. Dia hanya tak beruntung dengan cedera parahnya,’’ imbuh pemain termahal pada bursa transfer musim panas tahun lalu itu.

Kehilangan Ibra, United pun bergerilya dalam bursa transfer musim panas ini. Beberapa striker top Eropa masuk bidikan. Bedanya dengan saat berhasil mendatangk­an Ibra dari Paris Saint-Germain (PSG) musim panas tahun lalu, United dipaksa menggelont­orkan dana besar.

Dari beberapa nama yang diembuskan media Inggris, Alvaro Morata yang ter- depan untuk datang ke Old Trafford. Striker Real Madrid itu pun secara personal disebut telah sepakat bergabung dengan United. Bahkan, sebagaiman­a diberitaka­n Daily Express, Morata akan menjadi pemain anyar United pada Senin besok waktu setempat.

Meski untuk mendapatka­nnya, United harus merogoh dana besar. Onda Cero mengklaim striker 24 tahun itu akan terbang ke Manchester setelah memperkuat Spanyol dalam kualifikas­i Piala Dunia 2018 zona UEFA menantang Makedonia di Skopje Minggu petang waktu setempat (11/6) atau Senin dini hari WIB.

Mau tahu berapa harganya? Dengan kontrak lima musim, Morata disebut bakal berharga GBP 64,1 juta (Rp 1,08 triliun). Agen Morata, Juanma Lopez, belum menyebut United dalam perburuan kliennya pada bursa transfer musim panas ini. Lopez, seperti dilansir Telegraph, menilai, kliennya layak untuk sering dipercaya bermain sebagai starter. (ren/c19/tom)

 ?? OLI SCARFF/AFP ?? HARUS PERGI: Zlatan Ibrahimovi­c saat terakhir membela Manchester United pada perempat final Europa League melawan Anderlecht di Stadion Old Trafford, Manchester (20/7).
OLI SCARFF/AFP HARUS PERGI: Zlatan Ibrahimovi­c saat terakhir membela Manchester United pada perempat final Europa League melawan Anderlecht di Stadion Old Trafford, Manchester (20/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia