Jawa Pos

Ubah Papan Luncur Jadi Alat Transporta­si

-

SURABAYAS – M. Sholahuddi­n Nuha ge gemar bermain skateboard. Hobinya te tersebut memberikan inspirasi untuk ka karya tugas akhir di Institut Teknologi Ad Adhi Tama Surabaya (ITATS). Papan lun luncur yang biasa digerakkan dengan ka kaki dimodifika­si menjadi alat transporta­s tasi jarak dekat.

Id Ide itu tercetus karena Nuha sering kel kelelahan memancal papan luncurnya. Pad Padahal, dia senang membawa benda ters tersebut ke mana-mana. Karena itu, dia me membuat longboard yang dapat digerakkan den dengan remote control. ”Sistemnya seperti mo mobil remote control,” tuturnya.

Lo Longboard buatan Nuha bisa digerakkan den dengan dua cara, yaitu manual dan ele elektrikal. Mesin digerakkan dengan bat baterai. Pengguna tinggal berdiri di atas pap papan, kemudian menggerakk­annya den dengan remote control nirkabel.

N Nuha menyebutka­n, dibutuhkan hampir du dua bulan untuk pengerjaan proyek ter tersebut. Sebenarnya perakitan hanya me memakan waktu sebulan, tetapi dia har harus mendatangk­an spare part impor dar dari Amerika. Sebab, bahan-bahan itu tidak tersedia di dalam negeri. ” Tadinya coba kanibal, pakai spare part yang mirip-mirip. Tapi, hasilnya nggak maksimal,” ungkap mahasiswa jurusan desain produk tersebut.

Mahasiswa asli Surabaya itu menuturkan, longboard buatannya cukup aman bagi pemain pro dan pemula. Agar pengguna tidak terpental saat mengerem, Nuha membuat trik sendiri. Yakni, daya mesin akan turun 80 persen ketika pengguna menekan tombol rem.

Agar mudah dibawa ke mana-mana, papan luncur itu didesain hingga dapat ditekuk. Jadi, bisa ditenteng seperti sedang membawa tas. Papan luncur juga tidak memakan tempat ketika diletakkan.

Setelah lulus, Nuha berencana mengembang­kan karyanya tersebut. Termasuk membuat spare part yang sesuai supaya tidak perlu lagi mengimpor. Dia berharap karyanya bisa diterima masyarakat, khususnya yang menyukai permainan papan luncur. ”Kalau bisa ya untuk bisnis setelah lulus kuliah,” ujarnya. (ant/c18/nda)

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? NIRKABEL: Longboard yang bisa diatur dengan remote control karya M. Sholahuddi­n Nuha. Foto bawah, longboard itu bisa dilipat.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS NIRKABEL: Longboard yang bisa diatur dengan remote control karya M. Sholahuddi­n Nuha. Foto bawah, longboard itu bisa dilipat.
 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ??
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia