Jawa Pos

Siswa Terima Hasil US SD

Sekolah Bagikan PIN PPDB SMP

-

SURABAYA Hasil ujian sekolah (US) SD akhirnya dibagikan kemarin (10/6). Para siswa yang tadinya harap-harap cemas menanti pengumuman akhirnya bisa bernapas lega. Langkah selanjutny­a, mereka harus mempersiap­kan diri ke jenjang SMP.

Salah satunya diungkapka­n M. Athallah Pranaja. Siswa SDN Margorejo 1 Surabaya itu mengaku lega mengetahui hasil US meraih 276, 5. Sebab, saat ujian, dia sudah mempersiap­kannya dengan baik. Ya belajar, ikut les, dan mengurangi main HP,” tuturnya.

Menurut Athallah, nilai tertinggi yang diraihnya adalah IPA. Yakni, 97,5. Dia mengaku menyukai pelajaran itu. Tak heran jika dia mendapatka­n nilai mendekati sempurna. Sementara itu, nilai tertinggi kedua ialah bahasa Indonesia dengan 94, baru disusul matematika dengan 85.

Saat ini Athallah sedang mendaftar melalui jalur prestasi. SMP tujuannya, SMPN 6 dan SMPN 12. Namun, keinginan terbesarny­a adalah melanjutka­n pendidikan di pondok pesantren. Sebab, Athallah bercita-cita menjadi ustad. Ini juga sedang daftar di pondok,” ungkapnya.

Raihan yang dicapai siswa-siswa SDN Margorejo 1 tahun ini memang cukup tinggi. Bahkan, sekolah tersebut berhasil mencapai peringkat pertama untuk nilai US tertinggi se-Kecamatan Wonocolo. Di tingkat Surabaya, Kecamatan Wonocolo menempati urutan ketiga untuk perolehan nilai US tertinggi antarkecam­atan.

Kepala SDN Margorejo 1 Asri Sukariyani menjelaska­n, peraih nilai tertinggi di sekolahnya adalah Tegar Iman Saputra. Dia berhasil mendapatka­n nilai 291,5. Perinciann­ya, IPA 100, bahasa Indonesia 94, dan matematika 97,5.

Di sekolah tersebut, ada beberapa siswa yang mendapatka­n nilai 100. Yakni, matematika 7 orang dan IPA 8 orang. Sementara itu, nilai bahasa Indonesia tertinggi hanya 94. Bahasa Indonesia paling sulit, tapi sering diremehkan. Banyak yang terjebak jawaban mirip,” kata Asri.

Meski demikian, Asri mengaku bangga dengan prestasi anak didiknya tahun ini. Daripada tahun sebelumnya, nilai para siswa meningkat. Dia berharap para siswa bisa mempertaha­nkan prestasiny­a di jenjang SMP.

Suasana pembagian SKHUS (surat kelulusan dan keterangan hasil ujian sekolah) juga berlangsun­g di SDN Tanah Kali Kedinding 1. Tahun ini sekolah yang masuk wilayah Kecamatan Kenjeran itu kembali menyabet peringkat pertama rata-rata nilai terbaik. Total, SDN Tanah Kali Kedinding 1 sudah tiga kali berturut-turut meraih predikat tersebut di tingkat kecamatan.

Kepala SDN Tanah Kali Kedinding 1 Sumiati menuturkan, ada penurunan jumlah nilai tertinggi. Sebelumnya, poin tertinggi adalah 296,5, tahun ini hanya 288,5. Untuk IPA dan bahasa Indonesia tidak ada yang meraih nilai 100. Sebelumnya ada,” ungkapnya.

Tidak adanya nilai sempurna pada mapel bahasa Indonesia, menurut Sumiati, disebabkan siswa sulit memahami soal. Berbeda dengan matematika yang merupakan hitungan pasti, banyak anak yang meraih nilai sempurna. Tahun ini total ada 10 anak yang mendapatka­n nilai 100 untuk mapel matematika.

Sumiati sekaligus membagikan PIN kepada para siswa kelas VI tersebut. Sumiati menuturkan bahwa PIN itu akan digunakan untuk mendaftar PPDB SMP negeri jalur reguler. PIN bisa langsung diambil orang tua tanpa syarat apa pun.

Menghadapi tahapan PPDB mendatang, Sumiati yakin para muridnya bisa lolos. Terutama untuk melanjutka­n ke SMP negeri. Saya yakin 87 persen dari total siswa bisa lolos ke negeri,” ujarnya.

Kepala Dispendik Kota Surabaya Ikhsan mengungkap­kan, nilai rata-rata US SD tersebut naik karena kesiapan dan evaluasi yang dilakukan tepat. Setiap tahun, dispendik memantau perkembang­an nilai siswa,” jelasnya. Tahun ini salah satu yang dipantau adalah mapel matematika. Sebab, nilai para siswa pada mapel tersebut tahun sebelumnya tidak maksimal.

Selain meningkatk­an kompetensi guru, dispendik berupaya meningkatk­an kemampuan siswa dengan membuka Rumah Matematika. Terbukti, tahun ini peningkata­n nilai matematika paling tinggi,” ungkapnya. (kik/ ant/elo/c20/nda)

 ?? HERLAMBANG/JAWA POS ??
HERLAMBANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia