Jawa Pos

Suarakan Persatuan saat Pelepasan Siswa

-

SURABAYA – Ada banyak cara untuk menyuaraka­n pesan perdamaian. Salah satunya lewat kolaborasi merdu dari kelompok paduan suara. Kemarin (10/6) sekelompok siswa Sekolah Margie membawakan deretan lagu bernuansa kebangsaan.

Pentas itu diawali penampilan paduan suara (padus) dari SMA Margie yang berkostum baju daerah. Keragaman kostum itu mewakili makna Bhinneka Tunggal Ika. Sebanyak 15 siswa yang tampil bersama para guru menyanyika­n lagu kebangsaan. Sarat makna persatuan.

Lantunan lagu Satu Nusa Satu Bangsa dalam aransemen melodi Amazing Grace itu dipimpin Endang Supriyati, salah seorang guru. Nuansa persatuan langsung terasa saat seluruh anggota padus bergandeng­an dan mengangkat tangan ke atas di penghujung lagu. Hal tersebut diikuti seluruh wali murid dan siswa yang hadir dalam acara pelepasan siswa kelas VI, IX, dan XII itu.

Setelah penampilan tersebut, 40 siswa dari SD dan SMP Margie menyusul tampil. Mereka tampil syahdu menyanyika­n lagu Imagine milik John Lennon. Suasana ruangan langsung berubah temaram. Pencahayaa­n hanya bersumber dari nyala lilin yang dibawa setiap siswa berkostum merah putih itu.

Selama penampilan, ada beragam formasi yang dibuat. Ada formasi huruf W’’ sebagai simbol kata world dan bentuk hati sebagai lambang cinta kasih. Dua formasi itu merupakan pesan perdamaian.

Michelle Ava, salah seorang anggota padus, mengatakan sudah mengerti makna dari lagu-lagu yang dibawakan. Karena kita beda-beda, jadi harus tetap hidup damai bersama-sama,’’ kata siswi kelas V tersebut.

Pokoknya hidup bahagia bersama tanpa membeda-bedakan,’’ tambahnya.

Pelatih kelompok padus Sekolah Margie Yannoe Astoetie menuturkan, penampilan kali ini memang dibuat spesial. Pemilihan lagu tentang persatuan hingga kebangsaan sengaja digaungkan kembali.

Selain padus, ada beberapa penampilan lain. Tari Gebyar Surabaya disuguhkan dengan apik. Tari medley kontempore­r khas Surabaya itu ditampilka­n enam siswi. (kik/c15/nda)

 ??  ?? kan NUANSA KEBANGSAAN: Para siswa Sekolah Margie tampil dalam format paduan suara pada acara pelepasan siswa kemarin.
kan NUANSA KEBANGSAAN: Para siswa Sekolah Margie tampil dalam format paduan suara pada acara pelepasan siswa kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia