Jawa Pos

Ditantang Ikut Mempromosi­kan Sekolah

-

BUKAN hanya tim basket yang makin berdebar-debar menjelang pelaksanaa­n Honda DBL East Java Series 2017-North Region. Hal serupa dirasakan peserta Journalist Competitio­n. Seratus jurnalis sekolah diberi kesempatan untuk unjuk gigi dan adu kreativita­s, terutama dalam dunia digital journalism.

Tahun ini, ada aturan baru yang menantang para jurnalis itu untuk mengeksplo­rasi Honda DBL. Mereka diwajibkan meliput

yang meliputi dan persiapan tim sekolahnya. Dengan demikian, para jurnalis bisa ikut mempromosi­kan sekolahnya. ’’Aturan peliputan

bisa membantu sekolahku, agar makin semangat saat bertanding di DBL Arena,” ujar Alfiyanto Indra Jayadi, jurnalis SMAN 3 Surabaya.

Untuk membekali para jurnalis sekolah tersebut, diberikan coaching clinic mengenai penulisan berita dan foto yang baik. Rosyidan, editor in chief majalah Mainbasket, menjadi pemateri untuk penulis.

’’Naskah yang bagus harus bisa memberikan informasi lebih kepada pembaca dan menggugah emosi pembaca,” tutur Idan, sapaan Rosyidan. Bukan hanya itu, Idan membagi resep ampuh untuk menjadi penulis. ’’Untuk menjadi penulis yang andal, diwajibkan untuk terus rajin membaca,” imbuhnya.

Sementara itu, Dika Febrian Kawengian, fotografer yang menjadi pemateri fotografi jurnalisti­k, menambahka­n bahwa fotografer jurnalisti­k dituntut peka menangkap momen selama di lapangan. ’’Sebuah momen di pertanding­an basket itu tidak bisa diulang. Makanya, kalian harus waspada dan peka akan setiap kejadian saat memotret,” ucap Dika. (nay/c18/sem)

 ??  ?? event pre-event up
event pre-event up
 ??  ?? preroad show blow Jawa Pos
preroad show blow Jawa Pos
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia