Jawa Pos

Ngamen, eh Nyolong Burung

-

SIDOARJO – Emosi massa langsung memuncak begitu tahu bahwa ada maling burung yang tertangkap di Desa Tanjungsar­i, Taman, pada Jumat (9/6). Si maling adalah Ari Wibowo. Warga Putat Jaya, Surabaya, itu pun menjadi bulan-bulanan setelah membawa kabur dua burung murai beserta sangkarnya dari rumah warga.

Massa langsung berkumpul ketika mendengar teriakan Agus Salim sekitar pukul 09.00. Korban meminta pertolonga­n karena ada maling yang masuk ke rumahnya. Tak ayal, Ari tidak bisa berkutik. Jalur kaburnya dihadang warga. Pelaku akhirnya hanya bisa pasrah. Warga mengamuk. Untung, ada warga yang melaporkan kejadian itu kepada polisi. Beberapa saat kemudian petugas tiba di lokasi.

Kapolsek Taman Kompol Sudjut menyatakan, begitu mendapat laporan tersebut, petugas yang tengah berpatroli bergegas ke lokasi untuk mengamanka­n Ari ke dalam mobil. Nyawa Ari terselamat­kan. Namun, sekujur tubuhnya sudah babak belur. ”Dia tidak sendirian. Ketika korban teriak, teman-temannya langsung kabur, berpencar,” terang dia kemarin (10/6).

Berdasar informasi, Ari dan komplotann­ya yang terdiri atas tiga orang pada awalnya mengamen di lingkungan itu. Ide untuk mencuri lantas muncul ketika mereka melihat sangkar burung di teras rumah korban. Ari yang paling dewasa kemudian menjadi eksekutor.

Dalam waktu singkat, sangkar burung sudah diraih lelaki 34 tahun tersebut. Nahas, di saat yang hampir bersamaan korban pulang. Ari dan komplotann­ya lantas berpencar untuk melarikan diri. ” Ngakunya baru satu kali mencuri,” ungkapnya.

Mantan kepala Satuan Perawatan Tahanan dan Barang Bukti ( Kasattahti) Polrestabe­s Surabaya itu mengungkap­kan, pihaknya tidak lantas percaya dengan keterangan pelaku. Terlebih, di sekitar lokasi kejadian peristiwa serupa pernah terjadi. ”Kami masih melacak teman-temannya yang kabur,” ujarnya. (edi/c11/hud)

 ?? EDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? PURA-PURA: Ari Wibowo dijebloska­n ke tahanan Mapolsek Taman setelah tertangkap mencuri burung di Desa Tanjungsar­i, Taman.
EDI SUDRAJAT/JAWA POS PURA-PURA: Ari Wibowo dijebloska­n ke tahanan Mapolsek Taman setelah tertangkap mencuri burung di Desa Tanjungsar­i, Taman.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia