Jawa Pos

Flat Ngelom Tambah Satu Blok

- TUNTAS AKHIR TAHUN: Pembanguna­n blok baru flat Ngelom Tanah dimulai dengan pemasangan fondasi.

SIDOARJO – Banyak warga yang berminat tinggal di flat. Hal itu terlihat dari terisinya 336 kamar pada empat blok flat Ngelom Tanah. Ada rencana untuk menambah satu blok di area tersebut. Blok baru tersebut diperkirak­an rampung akhir tahun ini.

Berdasar pantauan di lapangan kemarin (10/6), lokasi blok baru itu berada di dalam area flat. Tepatnya di depan lapangan voli. Sejumlah pekerja tampak sibuk membangun fondasi. Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Sidoarjo Sulaksono menyatakan, penambahan blok flat Ngelom dibangun awal bulan ini. ”Anggaranny­a ditanggung APBN,” ucapnya. Dengan tambahan satu blok itu, kapasitas hunian vertikal tersebut bakal bertambah menjadi 420 kamar.

Mantan kepala Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Daerah (Bappeda) Sidoarjo itu menuturkan, pemkab mempriorit­askan penambahan jumlah kamar di flat Ngelom. Sebab, flat tersebut memiliki banyak peminat. Selain itu, lahannya masih luas. ”Lokasinya dekat dengan Surabaya dan daerah industri,” ujarnya.

Meski banyak peminat, pemkab tidak menerima begitu saja warga yang ingin menyewa flat. Calon penghuni akan menjalani seleksi ketat lebih dulu. Dia menjelaska­n, penyewa harus memenuhi sejumlah persyarata­n. Di antaranya, penyewa termasuk kategori warga tidak mampu dan belum memiliki rumah. Yakni, dibuktikan slip gaji dan jenis pekerjaan. ”Kami prioritask­an bagi warga Sidoarjo,” paparnya.

Tahun depan pemkab kembali mengusulka­n pembanguna­n flat. Yakni, penambahan satu blok di flat Tambak Kemeraan Krian. Pertimbang­annya, hunian tersebut memiliki banyak peminat, tapi tidak diimbangi dengan ketersedia­an unit. ”Saat ini baru satu blok yang tersedia. Tahun depan kami tambah satu blok lagi,” lanjutnya.

Saat ini Sidoarjo memiliki enam flat. Di antaranya, Pucang, Ngelom, Bulu Sidokare, Tambak Kemeraan, dan Wonocolo. Lima flat tersebut dikelola pemkab. Sementara itu, satu flat lainnya, yakni Tambak Sawah, dikelola pemkab dengan desa. (aph/c16/ai)

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ??
GALIH COKRO/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia