Jawa Pos

Empat Lintasan Rawan Makan Korban

-

GRESIK – Pemasangan palang lintasan kereta api (KA) di empat desa di Kecamatan Duduksampe­yan sangat dinantikan warga. Yakni, Desa Setrohadi, Tumapel, Tambakrejo, dan Sumari. Di empat desa tersebut, lintasan kereta api masih dibiarkan tanpa palang.

Pemasangan palang semakin urgen saat arus mudik Lebaran nanti. Sebab, frekuensi melintasny­a KA akan bertambah dibanding hari biasa. Pada hari biasa, KA bisa melintas hingga 49 kali. ’’Kalau Lebaran pasti lebih dari itu,” jelas petugas jaga di lintasan Desa Setrohadi M. Ma’ruf kemarin (10/6).

Selama ini, lintasan tanpa palang dijaga secara manual. Petugas jaganya merupakan warga sekitar. Mereka direkrut langsung oleh Dinas Perhubunga­n (Dishub) Gresik. Di setiap lintasan, ada satu petugas jaga. Rencananya, saat arus mudik, petugas ditambah menjadi dua orang di setiap lintasan.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishub Gresik Vincenious Soebiyanto­ro menyatakan, palang lintasan KA di empat desa tersebut memang belum terpasang. ”Itu kewenangan pusat. Anggaranny­a dari APBN,” kata Vincenious.

Dishub telah mendatangi Dirjen Perkeretaa­pian Kementeria­n Perhubunga­n (Kemenhub). Hasilnya, lanjut dia, Kemenhub telah merespons laporan tersebut. Namun, dari empat titik yang diajukan, yang diterima baru tiga. Yakni, Desa Setrohadi, Tambakrejo, dan Tumapel. Anggaran pengadaan palang menjadi satu dengan pembanguna­n pos pantau.

Vincenious menyebutka­n, pembanguna­n segera dilakukan setelah Lebaran. Paling lambat akhir tahun 2017. Pekerjaan fisik pasti dilakukan karena dananya masuk tahun anggaran 2017. ’’Paling lambat 2018. Palang dan pos pantau,” ungkapnya.

Sekretaris Desa Setrohadi Andik Susanto mengungkap­kan, pihaknya menunggu realisasi janji pemerintah. Apalagi, sudah banyak korban meninggal. ( mar/c23/dio)

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? HATI-HATI MELINTAS: M.Ma’ruf, petugas lintasan rel kereta api tanpa palang pintu, mengawasi kereta api yang lewat di lintasan di Desa Setrohadi, Duduksampe­yan kemarin.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS HATI-HATI MELINTAS: M.Ma’ruf, petugas lintasan rel kereta api tanpa palang pintu, mengawasi kereta api yang lewat di lintasan di Desa Setrohadi, Duduksampe­yan kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia