Jawa Pos

Untuk Tumbal, Bayi Sunan Giri Dibuang ke Laut

-

JOKO Samudro merupakan salah satu di antara beberapa nama dan gelar yang disandang Sunan Giri. Nama tersebut kini diabadikan menjadi nama ge lang gang olahraga yang di kenal dengan Gelora Joko Samudro ( G- Jos).

Di balik nama tersebut, tersimpan ba nyak sejarah perjalanan hidup Sunan Giri. Cerita bermula dari Syekh Mau lana Iskhak, ayah Sunan Giri, yang berhasil memenangka­n sayembara di Blambangan ( Banyuwangi) yang dihelat sang raja, Menak Sembuyu. Tantangann­ya adalah menyembuhk­an penyakit putri mahkota, Dewi Sekardadu.

Setelah berhasil menyembuhk­an, Syekh Maulana Iskhak dinikahkan dengan Dewi Sekardadu. Namun, ada satu sayarat yang harus dipenuhi. ”Syekh Maulana Iskhak meminta Menak Sembuyu memeluk agama Islam,” kata Wakil Ketua Yayasan Makam Sunan Giri Achmad Shobirin.

Menak Sembuyu menyanggup­i. Namun, hingga Dewi Sekardadu hamil tiga bulan, janji Menak Sembuyu kepada Syekh Maulana Iskhak tidak kunjung dipenuhi. Ketika janji ditagih, Menak Sembuyu justru murka dan mengancam akan membunuh Syekh Maulana Iskhak.

Oleh sang raja, Syekh Maulana Iskhak diusir. Dengan berat hati, Syekh Maulana Iskhak akhirnya meninggalk­an Blambangan. ” Beliau ( Syekh Maulana Iskhak, Red) berpesan jika anak yang lahir laki- laki agar, diberi nama Raden Paku. Namun, jika perempuan, terserah,” lanjutnya.

Setelah beberapa bulan meninggalk­an Blambangan, wabah penyakit kembali menyerang. Menak Sembuyu berpendapa­t bahwa wabah tersebut disebabkan bayi yang dikandung Dewi Sekardadu. Akhirnya, sang raja menjadikan bayi laki- laki itu sebagai tumbal. Bayi tersebut tak lain adalah Sunan Giri. Begitu lahir, Sunan Giri dimasukkan dalam peti, lalu dibuang ke tengah laut. Peti berisi bayi itu lantas ditemukan kapal milik pengusaha perempuan asal Gresik. Dia adalah Nyai Ageng Pinatih. Sang bayi lakilaki tersebut diang kat menjadi anak oleh Nyai Ageng Pinatih. Ka rena ditemukan di tengah laut, si jabang bayi diberi nama Joko Sa mu dro. Joko meru pa kan anak laki- laki. Sementara itu, Samudro berarti laut. ( adi/ c16/ dio)

 ?? ILUSTRASI: BAGUS/JAWA POS ??
ILUSTRASI: BAGUS/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia