Jawa Pos

4,5 Jam di Dapur

Siapkan Menu untuk 70 Porsi

-

SURABAYA – Dari mata turun ke perut. Mungkin, itulah ungkapan yang cocok untuk menggambar­kan beragam masakan yang tersaji dalam acara Alegre

en Flor kemarin (10/6). Bertempat di Platinum Grill, enam sosialita berkolabor­asi menghadirk­an menu full course dengan tema Mexican Healthy. Mereka adalah Amanda Kohar, Liana Gonta Widjaja, Lupita Angkawijay­a, Jennifer Loelianto, Jessica Loelianto, dan Isabella Monalissa. ” Tapi, yang di dapur hanya lima orang. Mona (Isabella Monalissa, Red) kebagian dekorasiny­a,” ujar Amanda.

Mona pun menggabung­kan Mexican, rustic, dan geometrik sebagai dekorasi tempat untuk acara tersebut. Menyesuaik­an dengan tema, pemilik Elite Party Designer itu menambahka­n elemen kaktus sebagai pelengkap.

Sementara itu, lima orang lainnya sibuk berkutat di dapur. Dibantu para chef dari Platinum Grill, masing-masing kebagian membuat 70 porsi untuk 1–3 menu. ”Saya kebagian bikin minum. Semuanya healthy drink,” ucap Liana. Hari itu dia membuat tiga minuman. Yakni, pinacolada, hibiscus infused earl grey tea, dan rose almond milk. Sebagai lulusan gizi University of California, Berkeley, semua bahan yang digunakan pun berasal dari bahan alami.

Sementara itu, untuk urusan salad, Lupita-lah yang membuatnya. Dia membuat poke ipanema untuk menu siang itu. Mengombina­sikan berbagai sayuran segar dengan role fish salmon sebagai sumber protein, lulusan management hospitalit­y di Melbourne tersebut menggunaka­n saus homemade untuk dressing-nya.

Amanda bertugas membuat main course. Sebab, dia adalah pencinta daging. Jadi, dipilihlah menu fajita la bamba sebagai hidangan utama. Makanan itu merupakan wagyu yang dipanggang hingga kematangan medium.

Untuk mempercant­ik, edible flower, pure paprica, dan saus ditambahka­n di atas piring saji. ”Tadinya tidak pakai saus. Tapi, untuk menyesuaik­an citarasa, ditambahka­n saus pada detik terakhir. Saus dibuat dari campuran olive oil, seledri, bawang putih, dan bubuk cabe,” tuturnya. Perempuan yang baru saja lulus dari sekolah masak Ottimo itu sengaja memilih tema Mexican Healthy karena kesukaanny­a terhadap avokad.

Lantas, menu-menu yang mereka buat disajikan kepada para pengunjung dan pelanggan Platinum Grill. Membuat menu 70 porsi ternyata memerlukan waktu berjam-jam. Lima perempuan cantik itu harus berkutat di dapur mulai pukul 09.00–13.30.

Amanda menyatakan, bekerja di dapur ternyata cukup melelahkan. Apalagi, dia harus membuat makanan itu tak hanya enak, tapi juga sedap dipandang mata. ”Lumayan capek ya, ternyata,” katanya. Saking sibuknya di dapur, mereka sampai tak sempat mencicipi makanan satu sama lain. (dwi/c16/jan)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia