Jawa Pos

Andien Kembali ke Jalur Indie

-

JAKARTA – Andien telah merilis

single bertajuk Indahnya Dunia pada Rabu lalu (7/6). Jumat sore (9/6) dia berkunjung ke redaksi Jawa Pos di Jakarta untuk memperkena­lkan karya terbarunya tersebut. Serunya lagi, dia ditemani si kecil Anaku Aksara Biru, 5 bulan. Irfan Wahyudi atau Ippe, sang suami, turut mendamping­i.

Andien bercerita, single itu terasa spesial bagi dirinya karena direkam tiga hari menjelang melahirkan Kawa, panggilan anaknya. Sebelumnya, Andien mengeluark­an single berjudul

Belahan Jantungku yang khusus dia persembahk­an untuk Kawa.

Dua single itu pun dikerjakan selama hamil. Belahan Jantungku direkam saat Andien hamil delapan bulan.

Indahnya Dunia sengaja direkam beberapa hari menjelang persalinan. ’’Memang ingin dapat suasana napas yang sudah ngos-ngosan, suara

desperate. Dan, hasilnya sangat memuaskan buat saya,’’ tuturnya.

Baru-baru ini, Andien mencoba untuk merekam lagu tersebut. Namun, menurut dia, hasilnya tidak sebagus yang pertama. Andien mengatakan,

Indahnya Dunia berkisah tentang perjalanan hidup yang dirinya rasakan. ’’Saya sampai di titik ini setelah mengalami turning point yang sangat besar, dari gadis jadi istri, lalu jadi ibu,’’ ungkapnya.

Sebuah perjalanan cukup berliku, tapi semua akan indah pada waktunya. Dia mencontohk­an, sebelumnya menyiapkan diri untuk menikah di usia 24 tahun. ’’Tapi, kalau waktu itu saya nikah umur 24, lalu punya anak umur 25, mungkin tidak seperti sekarang pengalaman­nya,’’ jelasnya. Begitu pula konser yang dia idam-idamkan sejak lama, tetapi baru terwujud pada 2015. Menurut dia, kalau konser itu terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, ceritanya belum tentu seindah yang dia alami pada 2015.

Album ketujuh nanti juga menandai tahun ke-17 karirnya di industri musik Indonesia. Andien kembali berkarya secara indie, seperti album perdananya yang dirilis pada 2000. Alasannya, Andien ingin makin bebas berekspres­i. ’’Karena pada akhirnya, sebelum jadi pekerjaan, menyanyi adalah passion saya. Saya tidak ingin lost track,’’ ucap perempuan 31 tahun itu.

Indahnya Dunia diciptakan Satrio Alexa dan diaranseme­n Nikita Dompas. Rekaman dilakukan di Shoemaker Studio. Lagu bernuansa jazzy tersebut baru bisa di- request di

radio- radio. Pekan depan, mulai 16 Juni, lagu itu ada di YouTube dan iTunes.

Di tengah awak redaksi Jawa Pos yang mengejar deadline, Andien menyanyika­n Indahnya Dunia yang diiringi petikan gitar Michella, sang manajer. ’’Ini pertama kali akustikan tanpa latihan lho,’’ kata Andien, lantas tertawa.

Andien merasakan pengalaman yang makin istimewa setelah memiliki Kawa. Bocah lucu itu selalu ikut ke mana pun Andien pergi. Di usia 2 bulan, dia sudah diajak show ke Makassar. Tak jarang Andien menyusui sambil di- make up. ’’Makin seru, anaknya juga tenang. Mungkin karena sejak dalam kandungan, dia sudah ikut prosesnya, sudah diajak rekaman,’’ ucap Andien, lantas tersenyum. (nor/c7/na)

 ?? WAHYUDIN/JAWA POS ??
WAHYUDIN/JAWA POS
 ?? WAHYUDIN/JAWA POS ?? SINGLE SPESIAL: Andien memangku Kawa saat ngobrol dengan awak redaksi Jawa Pos Jumat lalu. Dia merekam dua single terakhirny­a ketika hamil besar.
WAHYUDIN/JAWA POS SINGLE SPESIAL: Andien memangku Kawa saat ngobrol dengan awak redaksi Jawa Pos Jumat lalu. Dia merekam dua single terakhirny­a ketika hamil besar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia