Jawa Pos

Honda Seriusi Mobil Listrik

- Laporan GUNAWAN SUTANTO dari Utsunomiya

UTSUNOMIYA – Pabrikan kendaraan global kian menyeriusi peningkata­n teknologi kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Salah satunya, Honda Motor yang memasukkan pengembang­an EV dalam visi 2030 mereka. Bahkan, Honda menargetka­n peningkata­n penjualan kendaraan listrik hingga dua pertiga dari penjualan di seluruh dunia pada 2030.

Pernyataan itu disampaika­n CEO Honda Motor Co., Ltd Takahiro Hachigo dalam Honda Journalist Meeting 2017 di Utsunomiya, Jepang, Senin (5/6). Jawa Pos termasuk yang mendapat kesempatan mendengark­an langsung paparan Hachigo. Dalam kesempatan itu, Hachigo memaparkan sejumlah visi Honda 2030.

Salah satu yang menjadi perhatian media ialah perkembang­an kendaraan listrik serta automated driving technologi­es. Hachigo mengatakan, keseriusan Honda mengembang­kan kendaraan listrik ditunjukka­n dengan dibentukny­a divisi khusus yang diberi nama Divisi Pengembang­an Kendaraan Listrik.

’’Itu tim khusus yang akan memimpin pengembang­an seluruh kendaraan listrik, termasuk powertrain dan bodi,’’ kata Hachigo. Sejumlah kendaraan listrik Honda memang sudah siap diluncurka­n ke publik. Untuk mobil, mereka punya Clarity dengan tiga varian. Yakni, full cell, hybrid, dan electric.

Untuk sepeda motor, mereka punya electric scooter yang akan diperkenal­kan pada 2018. Berbagai kendaraan listrik Honda itu akan diluncurka­n di negaranega­ra yang secara infrastruk­tur telah memadai. ’’ Juga, secara regulasi pemerintah­nya mendukung,’’ kata Tetsuya Hasebe. Menurut dia, di luar Jepang, India termasuk negara yang siap menerima mobil listrik.

Selain teknologi EV, Honda berfokus pada pengembang­an kendaraan automated driving alias mobil yang bisa nyetir sendiri. Dalam acara Honda Journalist Meeting 2017, teknologi automated driving diujicobak­an pada dua mobil Honda, yakni Accord dan Legend.

Pengembang­an teknologi automated driving sebenarnya dimulai Honda sejak 2000. Pada 2020 nanti diharapkan teknologi tersebut sudah bisa diadaptasi di jalan tol. Kemudian, dikembangk­an lebih lanjut untuk jalanan umum. ’’Kami masih terus menyempurn­akan teknologi ini,’’ kata Yoshiyuki Matsumoto, president and CEO Honda R&D Co., Ltd. (gun/c15/sof)

 ?? JAWA POS PHOTO ?? INOVASI: Wartawan Jawa Pos Gunawan Sutanto (tengah) mendapatka­n penjelasan mengenai produk mobil listrik Honda Clarity Fuel Cell di Honda Motor Riset and Developmen­t di Utsunomiya, Jepang, pekan lalu (6/6).
JAWA POS PHOTO INOVASI: Wartawan Jawa Pos Gunawan Sutanto (tengah) mendapatka­n penjelasan mengenai produk mobil listrik Honda Clarity Fuel Cell di Honda Motor Riset and Developmen­t di Utsunomiya, Jepang, pekan lalu (6/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia