Jawa Pos

Kurangi Hambatan Logistik

-

MALANG – Ketatnya persaingan bisnis jual beli online membuat para pelaku di sektor tersebut harus terus berinovasi. Seperti yang tengah dilakukan Shopee, marketplac­e belanja online yang mengganden­g J&T Express. Mulai awal Juni 2017, mereka memberikan layanan gratis ongkos kirim ke seluruh tanah air untuk mengurangi hambatan logistik.

Marketing Lead Shopee Mad Alkatiri mengungkap­kan, layanan gratis ongkir tersebut memberikan kemudahan terutama bagi pengusaha UKM yang berada di lokasi jauh dan terpencil. ”Kami melihat industri ini sangat dekat dengan kebutuhan logistik. Artinya, kendala logistik adalah salah satu hambatan yang cukup kuat bagi orang ketika berbelanja dan membuka usaha secara online,” ujarnya di akhir kegiatan Roadshow Ngupee Shopee dan J&T Express di Malang, Sabtu (10/6).

Pihaknya berharap layanan gratis ongkir dapat turut mengembang­kan UKM. ”Layanan ini diharapkan dapat menjadi andalan bagi pelaku usaha UKM untuk membangun marketplac­e- nya meski berada di lokasi yang terpencil,” kata Mad. Shopee telah mengganden­g 700 ribu UKM di seluruh Indonesia. Jatim berkontrib­usi besar di dalamnya.

Direktur J&T Express Robin Lo menjelaska­n, ongkos kirim ke wilayah Indonesia, terutama Indonesia bagian timur misalnya, bisa lebih tinggi dari harga barang. ”Dengan program bebas ongkir harusnya bisa membuat semangat UKM-UKM di Indonesia untuk terus mengembang­kan usahanya. Selain itu, dari sisi pembeli juga lebih banyak pilihan,” jelasnya.

Bisnis pengiriman barang atau jasa kurir terus tumbuh seiring dengan meledaknya e-commerce dalam empat tahun belakangan. Ketua DPW Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik Indonesia (Asperindo) Jawa Timur Djohan menuturkan, omzet di industri pengiriman diproyeksi mencapai Rp 250 triliun tahun ini. Angka tersebut meningkat dari realisasi tahun sebelumnya yang hanya Rp 220 triliun. (car/pus/c17/c15/sof)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia