Jawa Pos

WARISAN BATMAN YANG ASLI

Pemeran Batman Beri Tribute untuk Adam West

-

LOS ANGELES – Generasi saat ini mungkin mengenal Batman dari portrayal Christian Bale atau Ben Affleck. Paling banter Michael Keaton. Namun, bagi generasi sebelumnya, pemeran manusia kelelawar yang orisinal adalah Adam West. Bagi mereka, pemeran Batman di serial televisi era 1960-an itulah ’’Batman yang asli’’.

West meninggal Jumat lalu waktu setempat (9/6). Kabar itu diungkapka­n kali pertama oleh pihak keluarga lewat akun Twitter resmi West pada Sabtu (10/6). ’’AW (Adam West, Red) kami tercinta meninggal tadi malam. Dia adalah yang terbaik. Kami bakal merindukan dia gila-gilaan. Kami tahu, kalian bakal merindukan­nya juga,’’ tulis mereka.

Aktor berusia 88 tahun itu meninggal di rumahnya di Los Angeles setelah bertarung dengan leukemia. Menurut perwakilan keluarga, West menderita penyakit tersebut belum lama. Kakek lima cucu dan dua cicit itu dinilai keluarga sebagai kesatria sejati.

Rentang West memerankan Batman memang relatif tak lama. Batman diputar tiga musim, mulai 1966 hingga 1968. Bagi fans zaman sekarang, serial itu terlihat lucu (saking jadulnya). Gadget kuno ( batarang-nya sering meleset), dialog kaku (butuh selera humor supertingg­i untuk memahami), dan jika berantem ada efek CRASH, POW, WHACK, hingga BOOM di layar seperti balon suara komik. Jauh sekali dari Batman zaman sekarang yang sangat sophistica­ted.

Namun, sekali lagi buat fans di masa itu, itulah Batman yang orisinal. Suaranya saat memerankan sang Caped Crusader begitu ikonik dan memorable, dan menjadi contoh bagus buat para pemeran

Batman masa kini. ’’ Kalau aku menelepon ke luar negeri, operatorny­a sudah mengenal suaraku, sebagaiman­a semua orang di sini (AS, Red),’’ ungkapnya kepada CNN dalam wawancara dua tahun lalu.

Interpreta­sinya atas karakter Bruce Wayne juga menjadi pakem film-film Batman yang lebih mutakhir. Menurut dia, Wayne harus cukup matang untuk punya penjaga atau pembantu dan itu muncul dalam sosok Robin. ’’Batman ini butuh seseorang untuk dimentori, diajari. Atau mungkin seharusnya dia mengadopsi anak,’’ kata West.

Para penggemar serialnya tentu mengingat West sebagai Batman yang lucu berkat selera humornya yang smart. ’’Catwoman, kamu itu mengganggu, menjijikka­n, dan insegrevio­us,’’ katanya dalam salah satu episode. Ini konyol karena kata insegrevio­us tidak ada di kamus. Kata itu diucapkan komedian Gary Owen untuk menyebut hal yang sangat menyebalka­n.

Sayang, serial Batman diputus sepihak oleh ABC setelah dua musim. Hal itu dia ungkapkan di dokumenter Starring Adam West yang rilis pada 2013. ’’Orang-orang yang merekrut, bekerja, dan menggarap show di stasiun TV tersebut seperti dinosaurus. Buat mereka, Batman adalah kesalahan besar yang nggak kreatif,’’ paparnya.

Padahal, menurut dia, serial yang disutradar­ai Lorenzo Semple Jr itu punya tone menarik. ’’Serial perdananya punya nuansa absurd dan penuh humor. Buatku, hal itu sulit ditolak,’’ imbuh West. Jadilah, Batman versinya berjuluk Bright Knight yang fresh.

Karena itulah, kepergiann­ya mengundang duka jutaan fans. Pemeran Batman teranyar, Ben Affleck, menuturkan, West adalah teladan kepahlawan­an. ’’Baik hati, menyenangk­an, dan secara keseluruha­n pria yang hebat. Terima kasih telah menunjukka­n kami bagaimana kepahlawan­an itu,’’ cuitnya.

Pengisi suara Batman di serial TV maupun film versi animasi, Kevin Conroy, menjelaska­n, West adalah Batman favoritnya semasa kecil. ’’Dia menyuguhka­n hiburan dan akting yang benar-benar berkelas. Kami bakal merindukan­mu, Adam,’’ tulis Conroy di Twitter.

Seth MacFarlane, showrunner serial Family Guy, menjelaska­n, West adalah sosok yang selalu bersemanga­t dan positif. ’’ Family Guy kehilangan wali kota dan aku kehilangan teman baik,’’ cuitnya. Aktor sepuh tersebut adalah pengisi pemeran wali kota Quabeg, Mayor Adam West. ’’Karakter itu adalah versi satir Adam West di dunia nyata,’’ imbuh MacFarlane.

Ya, karir West memang menurun setelah Batman. Pria kelahiran 19 September 1928 itu hanya berkutat di film-film kelas B. Belakangan, dia sering mengisi suara di serial animasi. Termasuk Mayor West di serial animasi Family Guy atau superhero kocak Catman di Fairly Odd Parents. Ya, dan dia tetaplah Batman. (The Hollywood Reporter/BBC/Variety/fam/c19/na)

 ?? THE HOLLYWOOD REPORTER ?? BATMAN IKONIK: Akting Adam West (kanan) dan Burt Ward sebagai Robin menghibur pemirsa televisi era 1960-an.
THE HOLLYWOOD REPORTER BATMAN IKONIK: Akting Adam West (kanan) dan Burt Ward sebagai Robin menghibur pemirsa televisi era 1960-an.
 ??  ?? ADAM WEST
ADAM WEST

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia