Jawa Pos

Euforia Sambut Pembelian Pertama

-

MANCHESTER – Julukan Iceman alias Manusia Es disematkan media kepada Victor Lindelof. Tentu ada alasan mengapa Lindelof mendapat julukan tersebut. Itu tidak lain karena bek timnas Swedia tersebut memiliki ketenangan yang luar biasa. Ya, meski gencarnya serangan yang datang serta kuatnya tekanan dan ketegangan dalam sebuah pertanding­an, Lindelof tetap tampil cool di lapangan. Nah, sang Iceman sudah resmi menjadi milik Manchester United. Bek 22 tahun itu direkrut dari Benfica dengan banderol GBP 30,75 juta (sekitar Rp 521,02 miliar). Lindelof pun tercatat sebagai pembelian pertama United pada bursa transfer musim panas ini. Fans United sangat antusias menyambut kedatangan Lindelof. Meski Lindelof belum pernah bermain di Premier League, fans menilai dia adalah pembelian yang tepat. Itu terungkap dari sejumlah komentar di dunia maya. ’’Aku baru melihat di Youtube. Dia jelas bek tengah kelas dunia,’’ kata akun bernama Moe sebagaiman­a dilansir Sport 360. ’’Duet Lindelof-Eric Baily. Katakan halo untuk clean sheet musim depan,’’ lanjut akun bernama Josh. Kehadiran Lindelof membuat persaingan di posisi bek tengah United semakin ketat. Sebab, di sana masih ada Eric Bailly, Chris Smalling, dan Phil Jones. Lalu, ada Daley Blind dan Marcos Rojo yang musim lalu kerap mengisi posisi bek tengah. Tetapi, menurut jurnalis Manchester Evening News Samuel Luckhurst, Lindelof tidak akan kesulitan memenangka­n persaingan. Sebab, selain bisa bermain sebagai bek tengah, Lindelof bisa mengisi posisi fullback kanan. Nilai plus dia yang lain adalah disiplin dan ketenangan­nya dalam menggalang pertahanan. ’’Lindelof merupakan bek yang jarang melakukan pelanggara­n konyol,’’ jelas Samuel. Sepanjang empat musim memperkuat Benfica, Lindelof hanya mendapat empat kartu kuning sepanjang 48 pertanding­an di Primeira Liga. Lindelof juga merupakan pengalir bola yang andal. Statistik yang dipaparkan Planet Football memperliha­tkan, musim lalu dia mencatat akurasi passing hingga 89,9 persen. Angka itu jauh lebih bagus jika dibandingk­an dengan catatan empat bek tengah United yang lain. Yakni, Bailly (85,5 persen), Rojo (86 persen), Smalling (88,4 persen), dan Jones (89,3 persen). ”Aku pun berpikir dia dan Bailly bakal menjadi tandem yang sesuai,’’ lanjut Samuel. Bukan hanya fans. Zlatan Ibrahimovi­c pun mendukung kedatangan Lindelof. Begitu pula mantan pelatih timnas Swedia Lars Lagerback. ’’Victor (Lindelof) sudah berkembang begitu bagus. Dia menjalani musim yang hebat di Benfica dan mendapat tanggung jawab besar di Swedia,’’ ulas Ibrahimovi­c kepada ESPN. ’’Aku suka sikapnya dan pemahamann­ya ketika di lapangan. Masa depan Swedia bakal cerah dengan pemain ini,’’ sambung Lagerback. Legenda United Bryan Robson juga menyambut positif kehadiran Lindelof. ’’Butuh pemain dengan bakat seperti Lindelof untuk membuat United kompetitif di Premier League dan Liga Champions,’’ tutur Robson sebagaiman­a dilansir oleh situs resmi United. (apu/c4/bas)

 ?? FRANCK FIFE/AFP PHOTO ?? REKRUTAN IDAMAN: Aksi Victor Lindelof saat menghadapi Prancis pada kualifikas­i Piala Dunia 2018 di Solna Sabtu lalu (10/6).
FRANCK FIFE/AFP PHOTO REKRUTAN IDAMAN: Aksi Victor Lindelof saat menghadapi Prancis pada kualifikas­i Piala Dunia 2018 di Solna Sabtu lalu (10/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia