Jawa Pos

Mengatasi Tenaga Motor yang Mulai Berkurang

-

SEMAKIN lama motor dipakai tentu tenaga atau power yang dihasilkan akan menurun. Hal itu lumrah terjadi karena tenaga motor yang merosot bisa disebabkan banyaknya kotoran yang menempel di saringan udara.

Karena itu, komponen tersebut patut dibersihka­n sehingga fungsi awal untuk menyaring kotoran dan debu dari udara bisa tetap bekerja optimal. Jika Anda merasa saringan udara tersebut sudah lama dan belum diganti, sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

Selain itu, membersihk­an karburator juga patut dilakukan jika sepeda motor Anda mulai kurang bertenaga. Sebab, di dalam komponen tersebut, proses pengabutan atau bahan bakar bercampur dengan udara untuk pembakaran akan menghasilk­an tenaga guna menggerakk­an sepeda motor.

Cek juga busi motor Anda. Busi yang sudah tua menjadi penyebab lain hilangnya tenaga motor. Sebab, percikan api yang dihasilkan tidak konstan. Sebagai langkah darurat, Anda bisa membersihk­an busi tersebut dengan meniup dan menggosokn­ya menggunaka­n ampelas. Demikian pula untuk mengatur jarak antarelekt­rode.

Jangan lupa periksa jarum skep. Penyetelan komponen yang menjadi bagian dari karburator tersebut perlu dilakukan karena tenaga mesin yang tidak optimal bisa juga disebabkan jarum skep yang terlampau tinggi.

Terakhir, knalpot yang tersumbat oleh kotoran juga bisa menjadi penyebab tenaga motor melorot. Karena itu, bagian knalpot perlu perawatan setiap 3 bulan atau 6 ribu kilometer untuk menjaga kebersihan­nya agar performa kendaraan Anda tetap terjaga. (tih/c15/wir)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia