Jawa Pos

Tunggu Bukti Kuda Hitam

-

JAKARTA – Pemantapan strategi menjadi fokus utama tim pelatnas loncat indah. Da lam pemusatan latihan yang sedang dijalani di Malay sia, mereka terus menggenjot performa se b elum terjun ke 7th Asian Di ving Cup 2017 di Makau Jumat (16/6). Turnamen tersebut menjadi salah satu ajang penentuan skuad inti yang akan diterjunka­n di SEA Games 2017.

Pelatih pelatnas loncat indah Ronaldy Herbintoro menjelaska­n, persiapan sebelas anak asuhnya sekarang sudah mencapai 95 persen. Hanya butuh sedikit polesan lagi sebelum mereka siap tampil di 7th Asian Diving Cup. ’’Kami lebih berfokus kepada simulasi di kolam dan pematangan gaya lompatan. Untuk fisik dan teknik, saya rasa semua sudah dalam kondisi prima,’’ ujar Robin –panggilan Ronaldy.

Selain itu, Robin yang menun- juk Aldinsyah Putra Rafi dan Linar Betiliana sebagai kuda hitam menjanjika­n kejutan di ajang tersebut. Dia mengungkap­kan bahwa pihaknya telah mempersiap­kan beberapa gaya lompatan baru untuk mereka.

’’Loncat indah bukan olahraga terukur. Sistem penilaian menjadi hak penuh para juri. Untuk menyiasati itu, kami memang menyiapkan beberapa alternatif gaya lompatan baru untuk memukau mereka. Termasuk gaya lompatan yang dulu kami gunakan di ISG,’’ ujarnya.

Sementara itu, meskipun tidak dibebani target pada turnamen tersebut, Aldinsyah memancang target tersendiri. Yaitu, memperbaik­i raihan prestasiny­a saat ISG lalu. Saat itu Aldin menyabet medali perak di nomor papan 3 meter. ’’Saya juga sekalian ingin mempraktik kan gaya lompatan baru yang dipersiapk­an sejak lama. Kalau itu berjalan mulus, se- moga bisa membuat saya masuk tim inti SEA Games,’’ kata Aldin –sapaan Aldinsyah.

Senada dengan Aldin, Linar mengungkap­kan bahwa melihat yang ada, dirinya optimistis bisa mendulang hasil maksimal di 7th Asian Diving Cup dan SEA Games 2017. ’’Kami hanya harus bermain lepas karena turnamen itu hanya menjadi batu loncatan. Intinya yaitu pada SEA Games nanti,’’ ujar peraih emas pada PON XIX Jabar di nomor sinkronisa­si itu.

Loncat indah memang menjadi salah satu cabor alternatif peraih medali di SEA Games 2017. Persiapann­ya pun sudah dilakukan secara matang oleh PB PRSI. Selain men jalani fes tival akuatik dan Islamic So lidarity Games ( ISG) beberapa waktu lalu, Della Di narsari dkk sekarang menjalani TC di Malaysia dan Tiongkok. ( tif/ c4/ ady)

 ?? JORGE GUERRERO/AFP ?? track record COBA GAYA BARU: Dua peloncat indah Indonesia, Aldinsyah Putra Rafi (atas) dan Tri Priambodo, saat berlaga di Islamic Solidarity Games (ISG) 2017 bulan lalu.
JORGE GUERRERO/AFP track record COBA GAYA BARU: Dua peloncat indah Indonesia, Aldinsyah Putra Rafi (atas) dan Tri Priambodo, saat berlaga di Islamic Solidarity Games (ISG) 2017 bulan lalu.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia