Jawa Pos

Sisir Pengguna Kendaraan Bodong

-

SURABAYA – Tim antibandit memiliki kegiatan yang tidak biasa pada Sabtu malam (10/6). Pasukan khusus pemberanta­s kejahatan jalanan itu tidak melakukan operasi sekat seperti biasanya. Mereka justru melakukan patroli serta menyambang­i beberapa daerah.

Hasilnya, dua pemuda kedapatan tidak membawa surat-surat ketika berkendara. Salah satunya bahkan harus diserahkan ke Mapolsek Tambaksari untuk diproses lebih lanjut. ”Kami serahkan kepada yang berwajib karena sudah memasuki wilayah mereka ,” jelas W a kasa t r es krim Polrestabe­s Surabaya Kompol Bayu Indra Wiguno.

Operasi tersebut dilakukan dengan rute awal Mapolresta­bes Surabaya. Apel dilakukan pukul 00.00. Mereka mengawali rute dengan mengelilin­gi beberapa wilayah yang berada di mako.

Tepat di depan JMP (Jembatan Merah Plaza), terdapat beberapa pemuda yang sedang asyik nongkrong. Karena terlihat mencurigak­an, satu per satu pemuda tersebut digeledah. Dicek pula kelengkapa­n surat berkendara mereka. ”Ayo tunjukkan suratsurat sepeda kalian masing-masing,” tegas Bayu.

Karena tidak terbukti membawa sepeda motor bodong, polisi pun mempersila­kan mereka melanjutka­n aktivitas. Nah, tepat di atas JMP, polisi menemukan seorang pemuda yang tidak bisa memperliha­tkan STNK motornya.

Namun, setelah kendaraan disita, sang pengemudi menyatakan sanggup mengambil suratsurat­nya yang ketinggala­n di rumah. Setelah menunjukka­n STNK asli, pengemudi tersebut dipersilak­an mengendara­i sepeda motornya. ”Kalau memang setelah kendaraan disita mereka bisa menunjukka­n surat-suratnya, akan kami kembalikan barang buktinya,” kata polisi dengan satu melati di pundak tersebut.

Bayu menambahka­n, kegiatan itu akan rutin dilakukan. Sebab, tingkat kriminalit­as diprediksi naik, terutama menjelang hari raya Idul Fitri. ( bin/c23/fal)

 ?? DRIAN BINTANG/JAWA POS ?? OPERASI WILAYAH: Tim antibandit memeriksa surat-surat kendaraan.
DRIAN BINTANG/JAWA POS OPERASI WILAYAH: Tim antibandit memeriksa surat-surat kendaraan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia