Jawa Pos

Rangsang Kreativita­s lewat Robot Kertas

-

SURABAYA – Kreativita­s adalah salah satu cara untuk menaklukka­n dunia. Tema itu menguat dalam kegiatan buka bersama bersama anak yatim piatu yang diadakan Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universita­s Airlangga kemarin (11/6).

Ketua Prodi MM FEB Unair Gancar Candra Premananto menyatakan, inovasi berperan penting dalam memunculka­n suatu hal baru. Kuncinya adalah kreatif dan bebas berkreasi. ’’Misalnya, membuat yang tadinya tidak berguna menjadi suatu hal yang berguna,’’ ujarnya.

Pada masa depan juga sangat dibutuhkan pemimpin yang inovatif. Program-program baru yang berbeda harus bermuncula­n. ’’Jangan membuat sesuatu yang sama,’’ tuturnya. Kemarin bentuk kreativita­s itu dilakukan dengan menyusun miniatur robot dari kertas.

Robot yang dibuat adalah robot Combattler V. Anakanak dari Yayasan Yatim Piatu Nur-Hidayatull­ah membentuk kelompok yang terdiri atas 5–6 orang. Mereka lantas mengguntin­g pola robot yang sudah tersedia di kertas. Kemudian, hasil guntingan itu disusun dan dilem sesuai dengan gambar.

Siti Aminah, misalnya. Perempuan berusia 13 tahun tersebut melakukan pengeleman dengan dipandu pendamping dari mahasiswa MM FEB Unair. Kerja tim pun terbentuk. Ada yang mengguntin­g, melipat, dan mengelem.

Gancar menyebut kreativita­s sebenarnya juga sudah diajarkan Nabi Muhammad SAW. Cara memanggil untuk salat, misalnya. Memanggil masyarakat untuk beribadah dilakukan dengan azan. Bukan dengan trompet, bel, ataupun lonceng. ’’Jadi, selama boleh berbeda, lakukan yang beda,’’ jelasnya.

Demikian juga di kehidupan sehari-hari. Dia mengajak anak-anak untuk menghargai kemampuan diri sendiri dan berpikir kreatif. ’’Jangan bangga lulus dengan nyontek, harus dengan kemampuan sendiri,’’ katanya. Menurut dia, hidup adalah petualanga­n. Karena itu, lakukan petualanga­n tersebut dengan bahagia dan kreatif. Itu juga yang disampaika­n kepada para mahasiswan­ya. (puj/c15/jan)

 ?? ALEX QOMARULLAH/JAWA POS ?? BUAT ROBOT: Para mahasiswa MM FEB Unair mengajari anakanak yatim di gedung MM Unair Kampus B.
ALEX QOMARULLAH/JAWA POS BUAT ROBOT: Para mahasiswa MM FEB Unair mengajari anakanak yatim di gedung MM Unair Kampus B.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia