Jawa Pos

Kompak dengan Beragam Kegiatan Positif

-

SIDOARJO – Beragam kegiatan dengan spirit religi banyak mengisi bulan suci. Di Kecamatan Waru, misalnya. Sebanyak 17 desa di kecamatan yang berbatasan dengan Surabaya itu kompak mengikuti Festival Ramadan selama empat hari. Kemarin (11/6) merupakan hari terakhir. Acara itu ditutup festival hadrah albanjari.

Ada 27 grup yang tampil. Selain salawat, ada kompetisi pidato untuk anak-anak dan salawat diba’. ’’ Ada juga kompetisi patrol. Terdapat 20 grup yang turut meramaikan,’’ ujar Khoirun Nasirin, pelak- sana kegiatan.

Grup musik patrol tersebut tidak hanya tampil di Pendapa Kecamatan Waru. Mereka juga keliling menampilka­n patrolnya dengan start dari parkiran Kalvari Perum Makarya Binangun Janti atau di depan garasi PO Menggala. Dalam perjalanan, peserta tampil dengan satu lagu bebas.

Selain mengisi acara dengan beragam kompetisi, menjelang berbuka selalu ada bazar yang diadakan di lingkungan kantor Kecamatan Waru. Beragam produk warga dipamerkan. Seluruh desa wajib me ng ikuti. Namun, hanya ada sekitar empat desa yang mengikuti bazar dalam sehari. ’’ Bergiliran. Isi stan yang berjualan itu macam-macam, tetapi kebanyakan makanan dan minuman yang laris saat Ramadan,’’ kata Nasirin.

Dengan kegiatan tersebut, seluruh lapisan masyarakat turut terlibat. Baik pemuda, ibu-ibu, bapak-bapak, maupun anak-anak. ’’ Mulai dari Forkopimka Waru, kepala desa, para pengurus Majelis Wakil Cabang NU Waru, sampai semua Badan Otonom NU di Waru terlibat,’’ kata Camat Waru Fredik Suharto.

Fredik menambahka­n, kegiatanke­giatan positif itu akan terus dilaksanak­an. Selain bertujuan untuk menumbuhka­n bakat dan potensi di masing-masing desa, juga menjalin silaturrah­mi. (uzi/c15/hud)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia