Jawa Pos

Dari Robot hingga Transporta­si Gratis

-

PIALA Konfederas­i yang pada Sabtu nanti (17/6) menjadi test case bagi Rusia sebelum menghelat Piala Dunia tahun depan. Persiapan tuan rumah pun semakin intensif mendekati hari H turnamen. Keamanan masih menjadi atensi utama persiapan. Apalagi, Saint Petersburg yang menjadi kota venue pembuka pernah dihantam bom bunuh diri yang menewaskan 16 orang pada April lalu.

Dengan estimasi bakal ada 700 ribu orang yang memadati empat kota venue (selain Saint Petersburg, juga Kazan, Moskow, dan Sochi), Negeri Beruang Merah tak mau kecolongan. Otoritas Rusia diklaim sudah menandai 191 fans yang ditengarai pembuat onar dan masuk daftar hitam masuk ke stadion.

Sejumlah langkah antisipasi keamanan pun telah dilakukan. Misalnya, membuat dokumen imigrasi khusus fans atau fan ID yang di- launching pada 1 Februari lalu. Fan ID pernah sukses diterapkan Rusia saat menjadi host Olimpiade Musim Dingin di Sochi tiga tahun lalu.

Fan ID berfungsi sebagai tiket masuk sekaligus visa. Durasi visa adalah H-10 sampai H+10 turna- men. ’’Dengan menjadi visa, data diri maupun rekam jejak pemegangny­a termonitor,’’ kata CEO panitia lokal Piala Konfederas­i 2017 Alexei Sorokin di situs resmi FIFA.

Fan ID juga memiliki keuntungan lain. Yakni sebagai tiket transporta­si gratis. Jadi, fans bisa menggunaka­n moda transporta­si yang melayani rute antarkota venue tanpa dipungut bayaran.

Menteri Komunikasi dan Media Massa Rusia Nikolay Nikifo- rov menyatakan, sudah ada 100 ribu fan ID yang diterbitka­n. ’’200 ribu lainnya menyusul,’’ ucapnya sebagaiman­a dilansir kantor berita Rusia, TASS.

Bukan hanya fan ID, Rusia juga bakal menerjunka­n robot untuk membantu petugas keamanan. Robot berukuran mini itu bakal memonitor potensi kerusuhan dan melaporkan­nya kepada pihak terkait.

Kemarin (14/6) pameran Piala Konfederas­i juga dibuka di salah satu stasiun metro di Moskow, Vorobyovy Gory. Pameran tersebut menampilka­n delapan kontestan dan capaian mereka di turnamen mayor. ’’(Pameran) ini adalah kesempatan yang kami berikan kepada masyarakat lokal maupun turis untuk lebih mengenal The Tournament of Champions (slogan untuk Piala Konfederas­i 2017, Red),’’ jelas Sorokin. ( apu/c19/dns)

 ?? ALEXANDER NEMENOV/AFP ?? kickoff PROMOSI: Vorobyovy Gory, salah satu stasiun metro di Moskow, dijadikan lokasi pameran tentang turnamen Piala Konfederas­i kemarin.
ALEXANDER NEMENOV/AFP kickoff PROMOSI: Vorobyovy Gory, salah satu stasiun metro di Moskow, dijadikan lokasi pameran tentang turnamen Piala Konfederas­i kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia