Jawa Pos

Berlatih Bersama Bintang NBA 2008

TC Timnas Basket di Amerika Serikat

-

LOS ANGELES – Timnas basket Indonesia yang diproyeksi­kan untuk SEA Games 2017 berada di Los Angeles, Amerika Serikat, sejak Selasa malam (13/6) WIB. Mereka langsung menjalani latihan di Sports Academy.

Pada sesi latihan kemarin WIB, para pemain mendapat pelajaran berharga dari bintang NBA 2008 Glen Davis. Forward-center yang pernah mengantark­an Boston Celtics menjadi juara NBA

2008 itu bergabung dengan Laporan para pemain timnas.

’’Boleh saya bergabung?” tanya Davis kepada Andrew Henke, konsultan sekaligus pelatih khusus basket yang akan menangani timnas di Sports Academy. Permintaan­nya langsung dikabulkan.

Disaksikan asisten pelatih Johanis Winar, Davis langsung mengumpulk­an para big man timnas. Davis yang kini berstatus free agent setelah sempat membela Orlando Magic dan Los Angeles Clippers memberikan trik tentang bagaimana mengambil posisi di bawah ring, menerima bola, dan kemudian mengekseku­sinya.

’’Senang sekali dan tidak sangka bisa latihan dengan pemain NBA,” ujar Firman Dwi Nugroho, center yang juga memperkuat Indonesia di SEABA 2017. ’’ Walau sebentar, Davis memberikan masukan penting untuk big man timnas. Dia memberikan saran tentang bagaimana berkomunik­asi antar- big man di bawah ring, khususnya saat menyerang,” lanjutnya.

Awalnya, timnas merencanak­an latihan di Houston. Karena ada kesalahan koordinasi, latihan dipindah ke pinggiran kota Los Angeles. Pergeseran tempat TC tidak jadi masalah berarti. Fasilitas berlatih Sports Academy sangat canggih.

’’Beberapa pemain NBA mengisi waktu jeda musim dengan mengasah kemampuan di sini,” terang Andrew Henke. Kemarin Ben McLemore (Sacramento Kings) dan Mario Hezonja (Magic) muncul. Mario Hezonja terlihat berlatih serius dengan ditemani personal trainer- nya. Di pinggir lapangan, Ben McLemore menyemanga­ti sambil menunggu giliran. Keduanya menggunaka­n jasa personal trainer yang sama. Bintang Los Angeles Lakers Nick Young juga terlihat datang bersama rekannya.

Selama dua minggu ke depan, Arki, Mario, dan kawan-kawan akan berlatih setiap hari pukul 10.00–14.00. Materi latihan bervariasi sesuai kebutuhan timnas untuk SEA Games 2017.

’’Saya sudah sampaikan ke mereka, apa saja kebutuhan untuk SEA Games nanti. Mereka kemudian menyusun program yang disesuaika­n dengan apa yang kami jalankan selama ini,” jelas Wahyu Widayat Jati, kepala pelatih timnas.

Selama di Sports Academy, keberadaan timnas cukup menarik perhatian. Beberapa kali para pemain NBA yang hadir melirik penasaran. Nick Young sempat menolak diajak foto bersama oleh Suhadi, manajer timnas. ’’ Tapi, begitu lihat saya pakai topi Lakers, Nick Young langsung tersenyum,” ujar Suhadi.

Para pemain sudah berlatih sehari sebelumnya, meski baru tiba Selasa siang waktu setempat. Empat jam setelah tiba di Los Angeles, para pemain langsung berlatih ringan. Latihan diisi dengan drill-drill menembak dan komunikasi sederhana antarpemai­n. (*/c18/tom)

 ?? RASYIDAN/MAIN BASKET/JAWA POS ?? PELATIH DADAKAN: Mantan pemain NBA Glen Davis (kanan) memberikan instruksi kepada Firman Dwi Nugroho (kiri) dan Christian Ronaldo Sitepu dalam sesi latihan di Sports Academy, Los Angeles, kemarin WIB.
RASYIDAN/MAIN BASKET/JAWA POS PELATIH DADAKAN: Mantan pemain NBA Glen Davis (kanan) memberikan instruksi kepada Firman Dwi Nugroho (kiri) dan Christian Ronaldo Sitepu dalam sesi latihan di Sports Academy, Los Angeles, kemarin WIB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia