Jawa Pos

Menjaga Spirit Menuju Target

-

ULANG tahun ke-90 Persebaya Surabaya dirayakan dengan begitu emosional dan penuh optimisme. Persebaya dan Bonek bisa menatap masa depan dengan lebih percaya diri. Bukan seperti momenmomen suram dalam empat tahun terakhir ketika perayaan hari lahir berlangsun­g dalam kondisi tim kesayangan mati suri.

Eksistensi Persebaya dalam liga resmi kembali diakui PSSI sejak Januari lalu. Jadi, tahun ini ibarat kelahiran kembali Green Force, julukan Persebaya. Bermain di Liga 2 dan berjuang agar lolos ke Liga 1 musim depan. Rendi Irwan dkk siap berjuang untuk itu dan didukung penuh oleh Bonek yang selalu setia.

’’Kami memiliki basis suporter yang sangat besar. Apalagi saat pertanding­an

Perbaikan memang ada. Tapi, menjaga spirit seperti saat Anniversar­y Game juga penting. Kami akan terus berusaha menjadi lebih baik dalam sisa Liga 2 nanti,’’ tegas bek kiri M. Irvan.

Ya, atmosfer yang begitu emosional dalam Anniversar­y Game sangat melekat dalam diri setiap pemain. ’’Meski bertajuk uji coba, kami menunjukka­n spirit tinggi. Harapannya, itu bisa terjaga hingga Liga 2 kembali bergulir awal bulan depan,’’ kata kapten Persebaya Rendi Irwan.

Memang, secara hasil, Persebaya hanya mampu bermain imbang 1- 1 saat melawan Persik Kediri. Namun, beberapa perbaikan dari permainan mulai kentara di tangan pelatih asal Argentina Angel Alfredo Vera. Pertahanan yang lebih disiplin dan yang tertata serta tidak sporadis mampu ditampilka­n.

Memang belum sempurna betul. Masih ada beberapa catatan yang perlu dibenahi selama sisa waktu break Ramadan dan Lebaran. Sebab, begitu Lebaran selesai, pada 6 Juli nanti, Persebaya menjamu pemuncak klasemen grup 5 Liga 2 Persatu Tuban di Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Karena itu, Rendi mengingatk­an rekan-rekannya agar tetap menjaga semangat meski dalam uji coba selama Ramadan belum ada kemenangan yang digapai. Sebelumnya, Persebaya kalah oleh PS Badung dalam uji coba selama pemusatan latihan di Bali (10/6).

’’Secara hasil, kami memang belum maksimal. Tapi, saya melihat motivasi yang tinggi dari semua pemain menyongson­g lanjutan Liga 2 bulan depan. Syaratnya, evaluasi maksimal dari dua uji coba sebelumnya,’’ ucap pemain yang menjadi bagian dari skuad PON Jatim kala menyabet medali emas dalam PON 2008 itu. (io/c5/ham)

 ??  ??
 ??  ?? home. pressing
home. pressing

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia