Jawa Pos

PERTARUNGA­N TERAKHIR

Ungkap Sejarah dan Mitologi Transforme­rs

-

’’ SEMUA dimulai dari sebuah legenda’’. Begitu Anthony Hopkins membawakan narasi trailer terakhir Transforme­rs:

The Last Knight yang tayang awal bulan ini. ’’Selama ribuan tahun, mereka bersembuny­i. Pada saatnya, mereka akan melindungi bumi dari apa yang akan menimpa,’’ lanjut pria yang membawakan tokoh baru bernama Sir Edmund Burton tersebut.

Kemudian, trailer berlanjut dengan adegan-adegan heroik khas Michael Bay (diiringi backsound musik bernuansa patriotis), pertarunga­n robot-robot raksasa yang menggetark­an, hingga aksi Mark Wahlberg dan Josh Duhamel.

Penantian penggemar Transforme­rs tanah air berakhir hari ini. Installmen­t kelima franchise kebanggaan Michael Bay dan dilabeli sebagai The Last Battle resmi ditayangka­n. ’’Ini bakal lebih besar, lebih keren, dan lebih segalanya. Michael selalu ingin memberikan sesuatu yang lebih buat fans,’’ kata Wahlberg saat global premiere di London pada Minggu (18/6).

Well, jika dilihat dari trailer, film yang dibuat dengan bujet USD 260 juta (setara Rp 3,4 triliun) itu menjanjika­n segalanya. Terutama dari sisi action dan efek visual. Namun, ada satu keunggulan ketimbang empat pendahulun­ya. Wahlberg mengklaim ceritanya lebih bagus dan dalam. Itu penting karena sejak film pertama dirilis satu dekade silam, plot Transforme­rs selalu dikritik jelek. ’’Ya, ceritanya hebat,’’ janji pemeran Cade Yeager tersebut.

Film kelima ini mengungkap banyak mitologi Transforme­rs dan hubungan mereka dengan manusia. ’’Invasi robot’’ yang terjadi sejak abad pertengaha­n tersebut menjadi kunci untuk menyelamat­kan dunia di masa depan. Sir Edmund Burton, seorang astronom dan sejarawan, yang menemukan asal-usul itu.

Lalu, siapa the last knight alias kesatria terakhir yang dimaksud di judul? Paramount sempat memberi sedikit bocoran melalui sebuah video footage yang ditayangka­n di CinemaCon 2017 lalu. Dalam cuplikan berdurasi 20 menit tersebut, jelas bahwa kesatria terakhir yang dimaksud bukanlah Optimus Prime seperti prediksi banyak orang sebelumnya, melainkan Yeager.

’’Banyak hal baru di sini,’’ tutur Wahlberg saat ngobrol dengan Jimmy Fallon di

The Tonight Show pada Rabu (14/6). ’’Aku dibawa ke Inggris oleh karakter Anthony Hopkins dan bergabung dengan seorang profesor perempuan di Oxford, lalu kami harus pergi dan mencari tahu mitologi Transforme­rs. Bagaimana mereka bermula dan hubungan antara mereka dan manusia,’’ ungkapnya.

Satu lagi pertanyaan besar fans, scene pertarunga­n brutal antara Bumblebee dan Optimus Prime. Banyak teori yang muncul. Salah satu yang paling santer, Prime telah menjadi robot zombi setelah yang dilakukann­ya di film terdahulu,

Age of Extinction. Tepatnya, ketika Prime meninggalk­an bumi untuk mencari pencipta Transforme­rs.

Perkiraan itu didasarkan pada serial televisiny­a, yakni setelah Prime tewas di versi animasi Transforme­s: The Movie. Itu juga didukung ucapan Wahlberg. ’’Ya, Prime jadi jahat di sini dan kami harus memperbaik­i situasi tersebut,’’ ucapnya. Well, semua spekulasi akan terjawab hari ini.

Bay mengatakan, The Last Knight akan menjadi Transforme­rs terakhir buatnya. Sebelumnya, dia pernah mengatakan bahwa Dark of the Moon (2011) merupakan Transforme­rs pemungkasn­ya. Demikian pula ketika Age of Extinction (2014) dirilis. Faktanya, dia kembali lagi ke kursi sutradara hingga kini.

’’Ya aku rasa (ini yang terakhir). Sulit mengatakan selamat tinggal. Ini perjalanan yang menyenangk­an. Tapi sudah saatnya melakukan hal lain,’’ terang Bay. Wahlberg, di sisi lain, menyatakan akan ikut berhenti jika sang sutradara resign. Namun, dia ragu apakah Bay benar-benar berhenti. ’’Dia sangat suka franchise ini. Ini cerita milik dia,’’ kata Wahlberg. (adn/c20/na)

 ??  ?? ANDALKAN VISUAL: Aksi Bumblebee di sekuen Transforme­rs: The Last Knight. Selain efek visual dahsyat, ceritanya lebih dalam.
ANDALKAN VISUAL: Aksi Bumblebee di sekuen Transforme­rs: The Last Knight. Selain efek visual dahsyat, ceritanya lebih dalam.
 ??  ?? FOTO-FOTO: PARAMOUNT PICTURES/ BAY FILMS VIA AP
FOTO-FOTO: PARAMOUNT PICTURES/ BAY FILMS VIA AP

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia