Jawa Pos

Terduga Teroris Berencana Lakukan Teror di Surabaya

-

JAKARTA – Penangkapa­n dua terduga teroris di Surabaya dan Malang dipastikan menggagalk­an sebuah rencana aksi teror di Kota Pahlawan. Polri masih mendalami rencana aksi semacam apa yang akan dilakukan terduga teroris itu. Namun, dipastikan rencana aksi teror tersebut ditujukan untuk eksistensi Jamaah Ansharut Daulah ( JAD).

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan, dari dua terduga teroris itu, seorang di antaranya dipastikan akan melakukan penyeranga­n di Surabaya. ”Ditemukan berbagai bahan peledak saat pengamanan keduanya,” paparnya kemarin. Kapan dan bagaimana rencana aksi teror itu belum diketahui dengan pasti. Yang pasti, Polri berupaya mencegah sebelum terjadinya aksi teror. ”Mereka masih diperiksa. Densus 88 Antiteror memiliki waktu 7 x 24 jam,” ungkapnya.

Menurut dia, upaya pen cegahan semacam itu justru tidak menjadi hot topic. Padahal, Polri sudah melakukan banyak pencegahan terhadap aksi teror. ” Yang terbaru Su rabaya dan Bima ini,” paparnya.

Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto mengungkap­kan, berdasar hasil analisis barang bukti diketahui bahwa rencana aksi teror di Surabaya itu hanya ditujukan untuk menunjukka­n eksistensi JAD.

”Dalam handphone salah seorang terduga teroris terlihat komunikasi­nya dengan Bahrun Naim dan Abu Jandal. Dalam komunikasi itulah, diketahui adanya instruksi untuk menunjukka­n

eksistensi,” ungkapnya. Dalam penggeleda­han di Surabaya dan Malang, lanjut dia, didapatkan bahan peledak yang mirip di Bima. Yakni, triacetone triperoxid­e pe

roxyaceton­e (TATP). ”Bahan peledak ini mirip sekali,” jelasnya.

Menurut dia, ada hubungan antara terduga teroris di Jawa Timur dan Bima. Kedua kelompok berhubunga­n langsung dengan Bahrun Naim. ”Namun, dua kelompok ini tidak berkomunik­asi. Mereka satu arah hanya ke Bahrun Naim,” paparnya.

Tito menambahka­n, sejak bom Terminal Kampung Melayu, ada 36 terduga teroris yang ditangkap. Sebagian terhubung dengan aksi keji bom Terminal Kampung Melayu. Namun, sebagian yang lain ditangkap karena rencana aksi di tempat lain. (idr/c6/oki)

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? SIAGA: Polisi menjaga rumah terduga teroris di Jalan Tanah Merah 2, Kali Kedinding, Kenjeran, Surabaya, Senin (19/6).
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS SIAGA: Polisi menjaga rumah terduga teroris di Jalan Tanah Merah 2, Kali Kedinding, Kenjeran, Surabaya, Senin (19/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia