Jawa Pos

Lawan yang Menyenangk­an

-

SOCHI – Julukan tim pelengkap memang pantas disematkan kepada wakil zona Oceania di Piala Konfederas­i. Sebab, tim mana pun wakil Oceania yang berpartisi­pasi di ajang yang mempertemu­kan jawara antarzona tersebut selalu kandas di penyisihan grup.

Nah, nasib yang sama, tampaknya, juga bakal menimpa Selandia Baru. Tergabung di grup A, tim asuhan Anthony Hudson itu harus bertarung dengan tiga raksasa, yakni Rusia, Meksiko, dan Portugal. Perjuangan Selandia Baru makin berat karena pada laga perdana grup A dikalahkan Rusia dengan skor 0-2.

Kans mereka lolos pun semakin tipis lantaran Meksiko sudah menghadang pada

kedua dini hari nanti. Di atas kertas, El Tricolor –julukan Meksiko– tidak akan kesulitan mengalahka­n Selandia Baru. Bahkan, salah satu bursa kondang dunia, Bet365, berani memberikan koefisien 29 kali lipat jika ada yang memasang uangnya untuk kemenangan Selandia Baru. Sebab, selain kalah kualitas, catatan pertemuan lebih ber- pihak kepada Meksiko. Sepan- jang enam kali perte- muan dengan Meksiko, Selandia Baru hanya mampu merebut satu kemenangan. Yakni, pada pertemuan perdana mereka 20 Agustus 1980.

Sejumlah keunggulan itulah yang membuat DT ( alias Carlos Osorio niat melakukan ro- Meksiko Juan ber- tasi. ’’Kami senang menghadapi mereka (Selandia Baru). Jadi, kami bisa sedikit menyegarka­n skuad,’’ tuturnya sebagaiman­a dilansir Medio Tiempo.

Terkesan menyepelek­an memang. Namun, Osorio bersikeras strategi tersebut harus diterapkan. Dalam pandangan entrenador berpaspor Kolombia itu, skuadnya membutuhka­n istirahat setelah bermain habis-habisan melawan Portugal pekan lalu (18/6). Apalagi, pada laga terakhir, mereka harus menghadapi Rusia (24/6). Soal siapa saja yang bakal menghuni Osorio menyatakan bergantung hasil pemeriksaa­n tim medis.

Namun, dilansir dari Osorio bakal memberikan kesempatan kepada beberapa pemain senior. Di antaranya, kapten sekaligus pemain tertua di Piala Konfederas­i Rafael Marquez, kanan Nestor Araujo, dan kiper 34 tahun dari Toluca Alfredo Talavera.

Lebih lanjut, laga melawan Selandia Baru itu bakal dimanfaatk­an bomber Meksiko Javier ’’’Chicharito’’ Hernandez untuk menambah pundi-pundi gol.

Maklum, sejak memulai debut pada 2009, bomber 29 tahun yang kini berbaju Bayer Leverkusen itu belum pernah mencetak trick di turnamen antarbangs­a.

’’Bisa menahan imbang Portugal memberikan perasaan berbeda,’’ kata Chicharito kepada ( apu/ c4/ bas)

 ?? REBECCA BLACKWELL/AP PHOTO GRAFIS: ANDREW/JAWA POS PAVEL GOLOVKIN/AP PHOTO ?? matchday director tecnico) entrenador starting eleven, fullback Omnisport. El Esto, hat-
REBECCA BLACKWELL/AP PHOTO GRAFIS: ANDREW/JAWA POS PAVEL GOLOVKIN/AP PHOTO matchday director tecnico) entrenador starting eleven, fullback Omnisport. El Esto, hat-
 ??  ??
 ??  ??
 ?? MAXIM SHEMETOV/REUTERS ??
MAXIM SHEMETOV/REUTERS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia