Jawa Pos

Egy Gabung ke TC Tertutup di Bali

-

JAKARTA – Pelatih timnas Indonesia U-22 Luis Milla melakukan langkah berani dalam pemanggila­n pemain menjelang training center (TC) tertutup di Bali mulai 30 Juni nanti. Di antara total 26 pemain yang dipanggil, terselip nama Egy Maulana Vikry yang sebelumnya membela timnas U-19.

Egy baru berusia 17 tahun. Namun, performa menawannya bersama timnas Indonesia U-19 ketika bertanding di Toulon Tournament, Paris, akhir Mei lalu membuat Milla tertarik. Apalagi, Egy menyabet gelar individu Jouer Revelation Trophee alias pemain yang paling berpengaru­h dalam tim pada turnamen itu. ”Ini adalah terobosan yang cukup berani yang diambil Milla. Dan, kami sangat mengapresi­asi semua keputusan yang sudah ditempuh pelatih,” kata Fanny Riawan, wakil direktur timnas PSSI, kemarin (20/6). ”Apa yang dilakukan Milla tersebut sudah sejalan dengan spirit ketua umum PSSI yang selalu memberikan tempat para pemain muda,” lanjutnya.

Fanny menambahka­n, keputusan yang diambil Milla dengan memanggil Egy untuk masuk dalam skuad proyeksi Kualifikas­i Piala Asia U-23 di Thailand pada Juli mendatang itu pun tidak salah. Dengan pertimbang­an, Egy adalah salah seorang pemain muda dengan kualitas dan visi bermain bola di atas rata-rata. Kualitas sepak bola Egy di level sepak bola usia dini memang terlihat sejak 2016. Itu terjadi setelah dia berhasil membawa ASIOP Apacinti meraih gelar juara Gothia Cup U-16 di Swedia. Dalam event tersebut, pemain jebolan PPLP Ragunan Jakarta itu juga menyabet gelar top scorer dengan mencetak 26 gol sepanjang turnamen.

Dengan begitu, Fanny menjamin, pemanggila­n Egy ke timnas U-22 tersebut tidak memengaruh­i persiapan timnas U-19 di bawah kendali Indra Sjafri. Lagi pula, lanjut dia, jadwal kompetisi untuk timnas U-19 masih lama. Yakni, berlaga di Piala AFF U-19 di Myanmar pada September mendatang.

Di sisi lain, Egy mengaku bahwa dirinya cukup kaget dengan kesempatan yang diberikan Milla tersebut. Kendati demikian, pemain kelahiran Medan, 17 tahun silam, itu berniat menunjukka­n kualitas terbaiknya selama bergabung dengan pemusatan latihan timnas U-22 di Bali pada 30 Juni mendatang. ”Semoga saya bisa memberikan kontribusi untuk tim,” harapnya.

Sementara itu, di antara 26 pemain yang dipanggil, mayoritas berasal dari klub Liga 1 Bali United. Mereka menyumbang­kan empat pemain. Yakni, Moch. Diky Indriyana, Ricky Fajrin Saputra, Miftahul Hamdi, dan Yabes Roni Malaifani. Kemudian, disusul Persija Jakarta dengan tiga pemain. Yakni, Ryuji Utomo, Rezaldi Hehanusa, dan Muhammad Hargianto. (ben/c16/ham)

 ?? WAHYUDIN/JAWA POS ?? GALI POTENSI: Pelatih timnas Indonesia U-22 Luis Milla memberikan pengarahan kepada para pemain ketika melawan timnas Myanmar di Stadion Pakansari (21/3).
WAHYUDIN/JAWA POS GALI POTENSI: Pelatih timnas Indonesia U-22 Luis Milla memberikan pengarahan kepada para pemain ketika melawan timnas Myanmar di Stadion Pakansari (21/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia