Jawa Pos

Ujian Tidak Hanya untuk Ganda

Ginting Tantang Jorgensen di Babak Pertama

-

JAKARTA – Australia Open Super Series (SS) 2017 menjadi salah satu ujian konsistens­i para pebulu tangkis Indonesia. Turnamen yang menjadi rangkaian BWF Super Series itu diprediksi menekan fisik dan mental para pemain. Sebab, pekan lalu mereka baru saja menyelesai­kan Indonesia Open Super Series Premier (SSP) di Jakarta.

Di ganda putra, misalnya, Fajar Alfian/M. Rian Ardianto dan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi menjadi tumpuan bagi Pelatnas Cipayung. Selain mereka, ada pasangan nonpelatna­s, Saputra Alvindo/ Ferdinand Sinarta.

Fajar/Rian yang sukses menembus semifinal Indonesia Open SSP menjadi harapan ganda putra Indonesia. Itu terjadi seiring absennya Marcus Fernaldi Gidoen/Kevin Sanjaya Sukamuljo di ajang Australia Open SSP. Marcus/Kevin merupakan juara bertahan tahun lalu.

Pada babak pertama hari ini, Fajar/ Rian akan menghadapi Huang Kaixiang/Wang Yilyu (Tiongkok). Lantas, Angga/Ricky bersua wakil Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Fajar/Rian baru sekali berjumpa Huang/Wang di Thailand Masters Februari lalu. Saat itu mereka takluk pada babak delapan besar .’’ Kepercayaa­n diri, fokus, dan konsistens­i anakanak sering error,’’ ucap Aryono Mi rana t kepada Jawa Pos kemarin (20/6).

Aryono merupakan pelatih ganda putra yang mendamping para pemain di Australia. ’’Persiapan sih sudah dari Indonesia Open kemarin. Cuma sekarang maintenanc­e fisik dan mental mereka,’’ tuturnya.

Pencapaian Fajar/Rian di Indonesia Open SSP lalu menjadi cambuk buat mereka untuk terus mempertaha­nkan performa apiknya. Apalagi, mereka sempat mengalahka­n seniornya, Angga/Ricky, di semifinal.

Terkait dengan babak pertama hari ini, Fajar mengaku sudah siap tampil all-out. ’’Kami ingin membalas kekalahan di Thailand Masters,’’ ungkap Fajar dalam surat elektronik PP PBSI.

Sementara itu, sektor tunggal putra menempatka­n dua wakil muda pelatnas, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Selain mereka, masih ada Tommy Sugiarto yang kini menempuh jalur sebagai pemain profesiona­l di luar pelatnas.

Jojo hari ini akan menghadapi Hu Yu dari Hongkong. Ginting bersua andalan Demark, Jan O Jorgensen. Tommy akan meladeni wakil India, Sai Praneeth. (nap/c20/ady)

 ?? WAHYUDIN/JAWA POS ?? TINGKATKAN PERFORMA: Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting langsung bertemu lawan berat pada babak pertama.
WAHYUDIN/JAWA POS TINGKATKAN PERFORMA: Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting langsung bertemu lawan berat pada babak pertama.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia