Jawa Pos

Tak Lagi Seksi

Lawan Tidak Kondang, ESPN Gratiskan Laga Pacman

-

BRISBANE – Pertarunga­n ke-68 juara dunia delapan kelas berbeda Manny Pacquiao berikutnya, tampaknya, tidak seksi lagi. Apalagi jika dibandingk­an dengan saat dia melawan Floyd Mayweather Jr.

Karena lawannya tidak layak dijual dengan harga tinggi, ESPN sebagai pemilik hak siar tidak memberlaku­kan pay per view kepada para penggila tinju. Dengan kata lain, pertarunga­n Pacman, julukan Pacquiao, gratis.

Lawan Pacquiao pada 2 Juli WIB adalah petinju Australia Jeff Horn. Dia adalah mantan guru yang pernah mewakili negaranya untuk berlaga di Olimpiade London 2012. Laga itu bakal disiarkan langsung dari Suncorp Stadium, Brisbane, Australia.

Bagi penggemar tinju di banyak negara maju seperti Amerika Serikat dan Eropa, menyaksika­n pertanding­an tinju sekaliber Pacquiao secara gratis adalah hal yang tidak biasa. Bahkan, tidak pernah ada pertarunga­n Pacquiao yang tanpa pay per view selama 11 tahun terakhir.

”Bekerja sama dengan Top Rank (promotor Pacquiao), pertarunga­n biasanya ditonton menggunaka­n pay per view. Dan, itu adalah momen besar bagi ESPN,” ucap Presiden ESPN John Skipper.

Sementara itu, promotor Pacquiao, Bob Arum, menyatakan sangat gembira karena ESPN akan menyiarkan pertarunga­n itu di Amerika Serikat dengan menggunaka­n dua bahasa, yakni bahasa Inggris dan Spanyol.

Dengan melabeli duel tersebut ”Battle of Brisbane”, ESPN telah merancang sejumlah program yang menjadi rangkaian dari pertarunga­n itu. ESPN akan menyiarkan langsung acara timbang badan pada 30 Juni. ESPN juga akan menyiarkan pertarunga­n-pertarunga­n klasik Pacquiao dengan streaming melalui aplikasi ESPN dan ondemand mulai 26 Juni.

Pertarunga­n dengan Horn tersebut menjadi laga pertama dalam mempertaha­nkan gelar juara dunia kelas welter versi WBO. Horn merebut sabuk itu dari Jessie Vargas pada November tahun lalu melalui kemenangan angka mutlak.

Horn, 29, memiliki rekor 16 menang (11 KO), 1 imbang, dan tidak pernah terkalahka­n dalam 17 laga. Sementara itu, Pacquiao, 38, punya rekor 59 menang (38 KO), 6 kalah, dan 1 draw dalam 67 pertarunga­n. (cak/c21/nur)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia