Jawa Pos

Buka Puasa Bersama, Bagikan Perlengkap­an Sekolah

Rutin Diadakan Anggota DPRD Surabaya Bersama 150 Anak Yatim Piatu

-

DI tengah padatnya kesibukan para anggota DPRD Kota Surabaya, mereka masih menyempatk­an untuk menyelengg­arakan buka bersama anak yatim piatu. Acara itu diadakan pada Senin (19/6) di lobi kantor DPRD Kota Surabaya, Jl Yos Sudarso.

Sekitar pukul 16.00, sebanyak 150 anak yatim piatu bertandang ke kantor wakil rakyat itu dan disambut oleh Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji berserta tiga wakilnya, Masduki Toha, Darmawan, dan Ratih Retnowati.

Anak-anak yatim piatu itu datang dari Yayasan Al Salam, lembaga Nuurusshob­ah, dan Cahaya Umai Madani. Ketiga yayasan tersebut berasal dari lingkungan kantor DPRD Kota Surabaya.

Acara yang digelar sebagai wadah untuk berbagi tersebut dibuka dengan sambutan dari Armuji. Menurutnya, Ramadan adalah momentum yang tepat untuk menunjukka­n kepedulian lewat berbagi. ’’ Meskipun begitu, berbagi juga bisa dilakukan di luar bulan Ramadan,’’ ujar Armuji dalam sambutanny­a.

Apresiasi datang dari Dwi Mardiani, pengurus yayasan Al Salam terhadap acara tersebut. ’’Anak-anak sangat senang. Mereka sangat antusias dalam mengikuti buka bersama ini. Apa lagi, bisa langsung bertemu dengan para wakil rakyat,’’ ungkap Dwi Mardiani.

Armuji menegaskan bahwa acara ini menjadi agenda rutin bulan Ramadan DPRD Kota Surabaya. ’’Seperti tahun sebelumnya, buka bersama ini juga dilakukan tahun ini,’’ jelas Armuji.

Pria yang akrab disapa Cak Ji itu juga mengungkap­kan kebanggaan­nya karena tiap tahun animo anggota legislatif dan anak yatim piatu sebagai undangan makin meningkat. ’’Jumlah anak yatim yang datang tahun lalu tidak mencapai 120 anak, bahkan pada 2015 hanya 90-an. Tapi, tahun ini mencapai hingga 150 anak,’’ papar Cak Ji.

Cak Ji juga mengapresi­asi anggotanya yang sudah hadir dalam acara tersebut. Di antara padatnya kesibukan, anggotaang­gotanya masih hadir dan mengikuti acara dari awal hingga akhir. ’’Bagi anggota DPRD Kota Surabaya yang sudah datang, saya ucapkan terima kasih. Semoga ke depan terus konsisten mengikuti acara ini,’’ ujarnya.

Tak sekadar buka bersama, dalam acara tersebut DPRD Kota Surabaya juga memberikan bingkisan berupa alat-alat sekolah. Cak Ji menuturkan bahwa pihaknya berharap pemberian perlengkap­an sekolah tersebut agar dapat bermanfaat untuk menghadapi tahun ajaran baru.

Politisi asal Fraksi PDI Perjuangan tersebut juga berharap bahwa acara ini bisa dijadikan momentum bagi seluruh anggota untuk bercermin. ’’Dari sini kita tahu bahwa di luar sana banyak yang tidak lebih beruntung dari kita. Jadi, mulailah banyak-banyak bersyukur dan jangan lupa berbagi kepada mereka,’’ imbaunya.

Sembari menunggu adan maghrib tiba, tausiah dari ustad Haris Yoyok diselipkan sebagai pengisi acara. Dalam tausiahnya, Haris Yoyok menjelaska­n bahwa ada dua hubungan yang harus dijaga oleh manusia, yakni hubungan dengan Tuhan dan hubungan dengan sesamanya.

’’Acara buka bersama ini menjadi wadah bagi seluruh anggota DPRD Kota Surabaya untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan anak yatim piatu,” jelas ustad Haris Yoyok. Ia juga menambahka­n bahwa kinerja DPRD Kota Surabaya yang lancar selama ini tak luput dari doa anak yatim piatu.

Cak Ji memastikan bahwa pihaknya akan terus mengupayak­an peningkata­n dalam acara serupa. Meskipun ke depan kemungkina­n akan hadir dengan kemasan berbeda, namun buka bersama akan tetap dilaksanak­an sebagai wadah anggota DPRD Kota Surabaya untuk berbagi. ’’Kami percaya bahwa berbagi adalah salah satu nilai pokok kehidupan,” tutupnya. (ree/xav)

 ?? ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ?? TERUS MENINGKAT: Ketua DPRD Surabaya Armuji mengajak para anggotanya untuk lebih menunjukka­n kepedulian kepada sesama. Tahun ini, peserta buka puasa bersama di kantor DPRD Surabaya semakin banyak.
ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS TERUS MENINGKAT: Ketua DPRD Surabaya Armuji mengajak para anggotanya untuk lebih menunjukka­n kepedulian kepada sesama. Tahun ini, peserta buka puasa bersama di kantor DPRD Surabaya semakin banyak.
 ?? ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ?? BERBAGI: Selain mengajak anak yatim piatu menikmati buka puasa, anggota DPRD Surabaya membagikan perlengkap­an sekolah.
ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS BERBAGI: Selain mengajak anak yatim piatu menikmati buka puasa, anggota DPRD Surabaya membagikan perlengkap­an sekolah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia