Jawa Pos

PTNB Deklarasi Kampus Bela Negara

-

SURABAYA – Komitmen Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) Veteran Jatim meningkatk­an kualitas terus terlihat. Sukses mengantong­i akreditasi A, kini UPN menularkan konsep kampus bela negara ke 36 perguruan tinggi negeri baru (PTNB). Kemarin (20/6) penandatan­ganan deklarasi kampus bela negara itu dilakukan bersama dengan seluruh rektor PTNB dan direktur politeknik negeri se-Indonesia.

Prosesi deklarasi kampus bela negara itu dipimpin langsung oleh Ketua PTNB Prof Syafsir Aklus. Momen tersebut menjadi komitmen awal kampus dalam menyebarka­n nasionalis­me. Syafsir menegaskan, peneguhan kampus bela negara memang paling sesuai dengan kondisi sekarang. Apalagi, banyak kasus yang berkaitan dengan melemahnya ideologi bangsa. ’’Ini menjadi pas jika kembali diajarkan. Salah satunya di kampus,’’ ujarnya.

Menurut Syafsir, hal itu bisa melalui penambahan kurikulum untuk sisipan materi kebangsaan bagi mahasiswa. ’’Tidak harus lewat mata kuliah, bisa diimplemen­tasikan di banyak kegiatan pengembang­an lain,’’ ungkapnya.

Salah satu perwakilan kampus datang dari ujung barat wilayah Indonesia. Rektor Universita­s Teuku Umar Meulaboh, Aceh Barat, Jasman Jakfar Ma’ruf sepakat dengan deklarasi tersebut.

Sementara itu, Rektor UPN Prof Teguh Soedarto menyatakan bah- wa kegiatan bela negara menjadi hal yang wajib. Kampus harus punya peranan untuk mengobarka­n hal tersebut ke civitas academica. Semangat itu akan ditularkan ke PTNB yang berada di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). (kik/c19/nda)

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? BERKOMITME­N: Para rektor perguruan tinggi negeri baru menandatan­gani deklarasi kampus bela negara di UPN kemarin.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS BERKOMITME­N: Para rektor perguruan tinggi negeri baru menandatan­gani deklarasi kampus bela negara di UPN kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia