Jawa Pos

Gelombang Kedua Menyusul setelah Lebaran

-

SIDOARJO – Ribuan calon jamaah haji (CJH) berkumpul di The Sun Hotel. Mereka mengikuti bimbingan manasik haji masal yang diselengga­rakan Kementeria­n Agama (Kemenag) Sidoarjo.

”Ini salah satu kewajiban kami untuk memberikan pembekalan manasik haji kepada seluruh CJH,” kata Kepala Kantor Kementeria­n Agama (Kemenag) Sidoarjo Achmad Rofi’i kemarin (20/6).

Tahun ini Sidoarjo menjadi kabupaten yang paling banyak memberangk­atkan CJH ke Tanah Suci. Total ada 3.033 CJH. Karena itu, bimbingan manasik haji masal berlangsun­g hingga dua gelombang.

Peserta gelombang pertama kemarin diikuti 1.515 CJH. Acara selama dua hari itu dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jatim Syamsul Bahri. Gelombang kedua diselengga­rakan setelah Lebaran.

Menurut Rofi’i, dalam pelaksanaa­n bimbingan manasik haji masal, seluruh CJH juga mendapatka­n penjelasan mengenai rute kalender perjalanan haji. ”Kapan pengumpula­n koper dan kapan berangkat juga akan dijelaskan langsung,” katanya.

Rofi’i menjelaska­n, setelah itu, Kemenag akan melanjutka­n dengan bimbingan manasik haji di setiap kantor urusan agama (KUA) kecamatan. ”Biar CJH semakin menguasai materi manasik haji,” ujarnya. Rofi’i menuturkan, keberangka­tan CJH asal Sidoarjo diperkirak­an masuk gelombang kedua atau sekitar 20 Agustus. Total ada tujuh kloter yang akan diberangka­tkan. Berdasar informasi sementara, Sidoarjo mendapatka­n kloter 69 hingga 75. Masing-masing kloter sekitar 445 CJH plus petugas kloter. ”Ini masih informasi sementara. Kemungkina­n masih bisa berubah,” katanya.

Sementara itu, Kemenag mencatat ada dari lebih 500 CJH yang masih menghadapi masalah nama pada paspor dan berkas pelunasan biaya penyelengg­araan ibadah haji (BPIH). Meski hanya soal huruf pada penulisan nama yang berbeda, hal itu tetap harus dibuatkan berita acara pemeriksaa­n (BAP).

Jika kesalahan penulisan namanya cukup banyak, harus diputuskan melalui pengadilan negeri (PN). ”Ada enam CJH yang sudah melewati pengadilan,” katanya. (ayu/c6/pri)

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? INSYAALLAH BERANGKAT: Sapuah meneteskan air mata haru saat berdoa bersama dalam acara bimbingan manasik haji masal di The Sun Hotel, Sidoarjo, kemarin.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS INSYAALLAH BERANGKAT: Sapuah meneteskan air mata haru saat berdoa bersama dalam acara bimbingan manasik haji masal di The Sun Hotel, Sidoarjo, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia