Jawa Pos

Kesempatan Daftar Ulang Tinggal Sehari

Buntut Molornya Pengumuman Pengisi Bangku Kosong

-

SIDOARJO – Pengumuman nama-nama calon murid baru untuk mengisi bangku kosong di SMPN dalam penerimaan peserta didik baru tahap II akhirnya bisa diakses di website PPDB Sidoarjo. Namun, keterlamba­tan pengumuman itu membuat waktu daftar ulang pun tinggal hari ini (21/6) hingga pukul 13.00. Jika calon peserta didik baru tidak mendaftar ulang, mereka dianggap gugur.

Seharusnya pengumuman calon murid baru PPDB tahap II tersebut sudah bisa diakses pada Senin (19/6) pukul 09.00. Kenyataann­ya, pengumuman itu tidak bisa diakses. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo menyebut Telkom sebagai pihak yang bertanggun­g jawab.

Dari 44 SMPN se-Kabupaten Sidoarjo, ada lebih dari 1.009 bangku kosong. Mereka adalah peserta yang tidak mendaftar ulang pada PPDB tahap I. Adapun, yang berhak mengisi adalah para pendaftar di bawahnya. Rata-rata peserta pun berebut sekolah yang berada di kawasan perkotaan.

Kepala SMPN 5 Sidoarjo Achmad Lutfi mengatakan, setelah ada pengumuman PPDB tahap II, pihaknya langsung menghubung­i sekolah asal calon peserta didik baru masing-masing. Namun, calon peserta didik baru yang te- lah melakukan daftar ulang baru lima anak.

Pada pengumuman PPDB tahap II, SMPN 5 Sidoarjo mendapatka­n 12 nama calon murid baru. Baru lima peserta yang mendaftar ulang, pihaknya masih menunggu tujuh siswa lain. Lutfi berharap tujuh calon peserta didik baru itu melakukan daftar ulang hari ini. Dengan begitu, tidak ada lagi kursi kosong.

Begitu juga di SMPN 1 Sedati. Di antara total 54 calon peserta didik baru yang diterima pada pengumuman PPDB tahap II, baru sembilan anak yang telah daftar ulang. Artinya, masih ada 45 anak yang belum melakukan daftar ulang. ’’Kami masih menunggu sampai besok (hari ini, Red),” kata Retno Untari, kepala SMPN 1 Sedati.

Di SMPN 2 Wonoayu juga belum semua peserta mendaftar ulang. Kepala SMPN 2 Wonoayu Netty Latiningsi­h mengatakan, di sekolahnya hanya lima anak yang telah tuntas. Dengan demikian, tinggal menunggu dua anak. ’’Kebetulan, di sekolah kami untuk PPDB tahap II hanya sedikit. Jadi, tidak masalah. Masih ada waktu satu hari,” ujarnya. Namun, di SMPN 3 Sidoarjo, ternyata pelaksanaa­n daftar ulang PPDB tahap II sudah tuntas kemarin. Ada 13 calon peserta didik baru susulan yang diterima. ’’Alhamdulil­lah, semua siswa sudah daftar ulang,” kata Muflich Hasyim, kepala SMPN 3 Sidoarjo. Muflich menambahka­n, keterlamba­tan pengumuman PPDB tahap II memang membuang waktu satu hari. Namun, pihaknya telah membentuk tim untuk jemput bola ke rumah siswa yang telah diterima. Mulai Senin sore (19/6) hingga kemarin, seluruh siswa yang lolos langsung diberi kabar.

Sekretaris Dikbud Sidoarjo Tirto Adi mengatakan, meski pengumuman PPDB tahap II terlambat, waktu pelaksanaa­n daftar ulang tetap tidak berubah. Yakni, berakhir hari ini hingga pukul 13.30. ’’Kepala sekolah diharapkan aktif,” ujarnya. (ayu/c7/hud)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia