Jawa Pos

Tak Layani Protes, Langsung Meja Tilang

-

SIDOARJO – Satu per satu mobil angkutan barang dan orang yang kebetulan melintas di Jalan Sunandar Priyo Sudarmo diarahkan petugas agar masuk area Terminal Pasar Larangan. Salah satunya, Mitsubishi Colt hitam bernopol W 8299 NQ. Mobil bak terbuka itu mengangkut sebatang besi baja panjang. Setelah dicek petugas, muatan kendaraan yang dikemudika­n Samuel itu ternyata melebihi batas maksimal.

’’Seharusnya tinggi maksimal barang yang dibawa 1,2 meter. Ini sudah mencapai 2 meter,’’ ujar Puji Hermanto, petugas Dinas Perhubunga­n (Dishub) Sidoarjo, kemarin (20/6). Samuel langsung diminta keluar dari mobil dengan membawa surat kelengkapa­n kendaraan. Samuel sempat tidak terima. ’’Biasanya saya lewat tol juga tidak masalah,’’ ujarnya.

Menghadapi protes Samuel, petugas bergeming. Kendaraan tersebut tetap dinyatakan melanggar aturan. Samuel disuruh membawa surat-suratnya ke meja tilang.

Lain lagi dengan Supriyadi, pengemudi Elf. Petugas menemukan surat izin mengemudi (SIM) yang dimiliki Supriyadi tidak sesuai dengan regulasi. Dia hanya mengantong­i SIM A. Padahal, sopir angkutan seharusnya memiliki SIM B1.

Razia kendaraan di Pasar Larangan tersebut diadakan Dishub dan Polresta Sidoarjo. Hasilnya, ada 40 kendaraan yang ditindak. Perinciann­ya, 18 kendaraan diamankan dishub lantaran surat uji kirnya mati dan muatan berlebih. Sisanya ditilang polisi karena pengendara tidak mempunyai surat kendaraan yang lengkap.

Kasi Pengendali­an Operasiona­l Dishub Sidoarjo Feri Prasetiya Budi menjelaska­n, kendaraan pengangkut barang galian dan truk yang beratnya lebih dari 14 ribu kilogram dilarang melintas mulai H-7 sampai H+7 Lebaran. Operasi serupa akan terus digelar. (aph/c7/pri)

 ?? ARISKI PRASETYO/JAWA POS ?? DIPERIKSA: Petugas meminta Supriyadi, pengemudi Elf, menunjukka­n SIM dan surat-surat kendaraann­ya saat razia kemarin.
ARISKI PRASETYO/JAWA POS DIPERIKSA: Petugas meminta Supriyadi, pengemudi Elf, menunjukka­n SIM dan surat-surat kendaraann­ya saat razia kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia