Jawa Pos

Perhatikan Jalur Macet dan Rawan Laka

Simpang Empat Duduksampe­yan Dijaga Khusus

-

GRESIK – Para pemudik masih harus berhati-hati saat melintasi kawasan simpang empat Jalan Raya Duduksampe­yan. Meski lahan untuk pelebaran jalan sudah dibebaskan, jalan belum mulus. Hati-hati.

Kondisi itu terlihat saat rombongan forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) mengecek persiapan pengamanan dan pelayanan mudik di Posyan Terpadu Jalan Raya Ambeng-Ambeng Watangrejo kemarin (20/6). Ada Bupati Sambari Halim, Wakil Bupati Moh. Qosim, Ketua DPRD Abdul Hamid, Kapolres AKBP Boro Windu Danandito, serta Dandim Letkol (Kav) Widodo Pujiyanto.

Sambari lega karena seluruh bangunan di sekitar simpang empat Duduksampe­yan telah dibebaskan. Uang pembebasan telah diambil pemiliknya. ”Konsentras­i saat ini adalah pengaspala­n jalan tersebut,” kata Sambari.

Sayang, lanjut Sambari, pada masa arus mudik dan balik Lebaran ini kawasan tersebut tidak mungkin diperbaiki. Waktu mepet. Idul Fitri tinggal hitungan hari. Lebih-lebih, Jalan Raya Ambeng-Ambeng Watangrejo bukan wewenang Pemkab Gresik. Jalan itu berada di bawah kewenangan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN).

”Setelah Lebaran, Dinas PU Gresik meminta izin ke Pemprov Jatim agar mengusulka­n pembanguna­n jalan tersebut,” kata Sambari. Tapi, kalau pemerintah pusat mengizinka­n, pemkab akan turun tangan untuk memuluskan jalan itu. ”Tanpa izin pusat, pemkab bisa disalahkan,” ucap dia.

Selain Duduksampe­yan, sejumlah ruas jalan juga masih perlu diwaspadai pemudik. Baik karena rawan macet atau rawan kecelakaan. Antara lain jalur Bunder-Duduksampe­yan. Jalan penghubung Surabaya– Lamongan–Tuban–Bojonegoro hingga perbatasan Jatim–Jateng itu masih rawan macet. Kemacetan terkait dengan penyempita­n di Duduksampe­yan tersebut.

”Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional VIII sudah menyiapkan program pelebaran,” kata Sekretaris Dinas PU Gresik Ahmad Washil.

Jalur lain yang masih rawan macet adalah jalur Daendels Gresik–Panceng. Meski kerusakan parah sudah dibenahi, jalur tersebut belum sepenuhnya layak. Jalur utama Bunder–Legundi juga tak jauh beda. Sejumlah titik masih rawan macet. Salah satunya persimpang­an rel KA Cerme. Jalur lain yang juga rawan macet adalah perempatan Legundi. (yad/ris/c11/roz)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? DILARANG BEROPERASI: Truk-truk angkutan barang parkir di kawasan Jalan Ibrahim Zahier. Armada tersebut tidak boleh beroperasi selama Lebaran.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS DILARANG BEROPERASI: Truk-truk angkutan barang parkir di kawasan Jalan Ibrahim Zahier. Armada tersebut tidak boleh beroperasi selama Lebaran.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia