Jawa Pos

Lokasi Parkir Sepeda Motor Lebih Jauh

-

Dibandingk­an tahun lalu, arus mudik mencapai puncaknya pada 2 Juli atau H-4 Lebaran, bertepatan dengan akhir pekan.

Febri menyebutka­n, jumlah penumpang saat puncak arus mudik tahun ini bisa saja meningkat dari tahun lalu. Jumlah flight tambahan dimaksimal­kan. Selain itu, meski beberapa penerbanga­n mengalami delay, Febri mengatakan tidak ada yang memakan waktu hingga berjamjam. Jika ada, dia menjelaska­n bahwa hal itu dipengaruh­i kondisi cuaca di kota tujuan.

Misalnya, yang terjadi Senin pagi. Delapan penerbanga­n tujuan Denpasar ditunda akibat cuaca buruk di ibu kota Bali ’’ tersebut. Bandara (Ngurah Rai) ditutup sekitar satu jam, pukul 07.45–08.50,’’ tuturnya. Namun, lanjut dia, tidak ada jadwal penerbanga­n Juanda–Ngurah Rai pada waktu penutupan ’’ tersebut. Tidak ada yang delay dari Juanda,’’ tambahnya.

Sementara itu, kemarin kondisi Terminal 1 jauh lebih ramai. Di terminal kedatangan, ratusan orang tampak menunggu keluarga yang pulang dari perantauan. Adapun terminal keberangka­tan juga mengalami peningkata­n volume penumpang meski tidak sebanyak terminal kedatangan.

Banyaknya penumpang membuat ketersedia­an kursi tidak mencukupi. Ratusan penumpang yang tidak mendapat tempat duduk pun terpaksa menunggu di atas troli atau di lantai. Salah satunya, Kresna Nurmalisa, 35. ’’

Bandara kelas internasio­nal harusnya ada fasilitas tempat duduk lebih,’’ ucap warga Madiun tersebut. Namun, dia memaklumi kekurangan tersebut karena jumlah penumpang yang membeludak dan space terbatas untuk penumpang di lobi.

PT Angkasa Pura I sebenarnya telah menyiapkan kursi tunggu tambahan untuk mengantisi­pasi membeludak­nya penumpang. Berdasar pantauan Jawa Pos, sejumlah kursi ditambahka­n di sepanjang terminal keberangka­tan dan kedatangan. Setidaknya ada delapan rangkaian kursi panjang dengan empat tempat duduk di masing-masing pintu kedatangan maupun keberangka­tan.

Kursi tunggu tambahan juga disediakan di boarding room Ter’’ minal 2. Memang ada penambahan fasilitas 500 kursi tunggu, lengkap dengan charger di masing-masing kursi,’’ jelas Febri. Untuk sementara, PT Angkasa Pura baru menyediaka­n kursi ’’ tambahan di Terminal 2. Untuk Terminal 1 masih dalam rencana (penambahan kursi),” paparnya lebih lanjut. Terminal 1 saat ini dilengkapi 2.952 kursi tunggu, sedangkan Terminal 2 sebelumnya memiliki 1.093 kursi.

Febri menambahka­n, dalam rangka Idul Fitri, PT Angkasa Pura I juga mengubah lokasi parkir sepeda motor. Lokasi parkir motor yang semula ada di depan Terminal 1 kedatangan kini dipindah ke samping gedung Otoritas Bandara Wilayah III. Dengan begitu, lokasi parkir lebih jauh. Pemindahan tersebut, lanjut dia, bertujuan menambah kapasitas parkir mobil.

Tempat parkir R4 yang semula hanya menampung 961 unit mobil kini bertambah menjadi ’’ 1.249 parkir. Ini untuk sementara saja selama event Lebaran. Tapi, nanti kami evaluasi,’’ jelasnya. (deb/c15/git)

 ?? ARYA DHITYA/JAWAPOS ?? USIR BOSAN: Para pemudik di Bandara Juanda memanfaatk­an waktu menunggu keberangka­tan pesawat dengan berfoto bersama.
ARYA DHITYA/JAWAPOS USIR BOSAN: Para pemudik di Bandara Juanda memanfaatk­an waktu menunggu keberangka­tan pesawat dengan berfoto bersama.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia