Jawa Pos

Senada, tapi Detail Berbeda

Tampil Serasi dengan Sarimbit

-

SURABAYA – Mengenakan baju baru menjadi semacam tradisi saat Lebaran. Sarimbit (berasal dari bahasa Jawa yang berarti pasangan) dipilih keluarga untuk tampil serasi. Tampak senada. Tapi, detailnya berbeda.

Lihat saja salah satu karya Wiwied Mayasari. Dia mendesain busana sarimbit untuk ayah, bunda, dan anak. ’’Kayaknya kurang lengkap ya kalau belum pakai sarimbit saat Lebaran,” katanya. Dia memiliki tip agar baju dapat sesuai dengan pemakainya. Wiwied mencontohk­an pada desain busana muslim yang dikenakan Larasati Putri (model busana perempuan dewasa) dan Najwa Aisyah Dawiyah (model busana anak-anak). ’’Sekilas tampak sama, tapi utak-atik potongan dapat membuatnya tampak beda,” jelas desainer 47 tahun tersebut.

Larasati dan Najwa sama-sama menggunaka­n busana muslim dengan potongan A-line. Warna putih mendominas­i dengan tambahan baby blue sebagai coraknya. Sekilas tampak sama persis antara gaun yang digunakan Larasati dan Najwa. ’’Tapi, saya beri corak bordiran yang berbeda,” jelas desainer asal Surabaya itu.

Pada gaun yang dikenakan Larasati, bordiran di bagian atas gaun berbentuk menyerong ke arah bawah, seolah-olah seperti potongan one shoulder. Bentuk tersebut memanjang hingga lengan tangan sisi kanan. Sementara itu, di bagian pinggang, Wiwied menciptaka­n corak yang melingkar yang dibumbui dengan penuh manik-manik dan swarovski. Ada pula tambahan brokat bunga-bunga di bagian tengah gaun. Bentuk itu, lanjut Wiwied, membuat perempuan dewasa tampak elegan. ’’Tampil cantik, itu pasti,” jelas desainer kelahiran Tulungagun­g, 19 Februari 1970, tersebut.

Beda lagi detail yang didesain pada gaun yang dikenakan Najwa. Warna brokat didominasi putih di bagian atas pinggang. ’’Sebagai sabuknya, saya ganti dengan bentuk bunga. Lucu kan kalau untuk anak-anak,” ungkap Wiwied.

Pita di bagian lengan sisi kanan-kiri berwarna baby blue, juga menyempurn­akan kesan imut. Jadi, gaun ini cocok dipakai anak-anak usia 3–11 tahun. ’’Bentuk hijab juga dapat disesuaika­n dengan usia dan busana yang dipakai,” katanya.

Busana untuk pria lebih simpel. Tidak banyak pula detail yang dibutuhkan pada busana pria. Hanya ada garis horizontal berwarna baby blue sebagai pemanis di bagian sisi kanan dan lengan baju pria.

Wiwied menggunaka­n kain maxmara. Sifat kainnya lembut dan jatuh. Tidak panas juga kalau dipakai. Jenis kain yang cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa. ’’Dipakai seharian tidak membuat banyak keringat atau bau badan,” paparnya.

Desainer sekaligus make-up artist Dyan Nugra menghadirk­an rancangan sarimbit mengusung tema Romantic Blossom. Dyan terinspira­si dari keindahan bunga yang bermekaran.

Kesan romantis tertuang dalam balutan warna-warna soft seperti dusty pink dan peach. ’’Warna ini adalah cermin keindahan, sehingga mampu mengeluark­an aura cantik perempuan yang sesungguhn­ya,’’ tuturnya saat ditemui kala sesi pemotretan di pool side Hotel Shangri-La Surabaya.

Dyan masih menonjolka­n karakterny­a sebagai perancang dengan spesialisa­si busana pengantin. Hal itu tampak dari detail dan potongan gaun. Taburan swarovski dan mutiara membingkai bordir yang meliuk membentuk rantingran­ting bunga. Sementara itu, gaun tampil dengan potongan A-line, mermaid, dan ball gown. ’’Walau bentuknya terkesan lebih mewah, beberapa koleksi dari seri ini bisa juga dipakai untuk bersilatur­ahmi ketika Lebaran,’’ paparnya.

Kemewahan yang disandingk­an dengan nuansa fitri tampak pula pada baju pria berkonsep ala basofi. Sentuhan etnik juga dihadirkan dari tenun yang dikenakan bersama celana panjang berwarna senada. (bri/esa/c17/jan)

 ?? ARYA DHITYA/JAWA POS ?? MEWAH: Dari kiri, Angga Luck, Aulia Sabrina, Andalia Risanova, Eyvel Kasiroh, Titania Amalia, dan Rio Antoni mengenakan rancangan Dyan Nugra yang terinspira­si dari keindahan bunga.
ARYA DHITYA/JAWA POS MEWAH: Dari kiri, Angga Luck, Aulia Sabrina, Andalia Risanova, Eyvel Kasiroh, Titania Amalia, dan Rio Antoni mengenakan rancangan Dyan Nugra yang terinspira­si dari keindahan bunga.
 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? SERAGAM: Dari kiri, Danny Triwasisno, Najwa Aisyah, dan Larasati Putri tampil senada dengan rancangan Wiwied Mayasari.
DITE SURENDRA/JAWA POS SERAGAM: Dari kiri, Danny Triwasisno, Najwa Aisyah, dan Larasati Putri tampil senada dengan rancangan Wiwied Mayasari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia