Jawa Pos

Masih Saling Jaga Gengsi

Jalan Panjang Penyelesai­an Krisis Qatar

- M. RAMLY SYAHIR*

SUDAH tiga pekan ini krisis Qatar dengan tiga negara tetanggany­a belum menemui tanda-tanda menuju jalan damai. Berita kisruh krisis Qatar itu sebenarnya saya dapatkan saat saya berada di Jordania untuk melanjutka­n lawatan saya ke Masjidilaq­sha.

Para pemimpin yang tengah berseteru itu bukannya berupaya meredam tensi masing-masing. Namun, yang terjadi justru masih saling menunjukka­n gengsi masing-masing. Senin lalu (19/6) Men teri Lu ar Ne geri ( Menlu) Qatar Muhamad bin Abdurrahma­n Ats Tsani mengeluark­an pernyataan bahwa nege ri nya tidak akan melakukan negosiasi apa pun kalau masih dalam bayang-bayang embargo.

Pernyataan Menlu Qatar itu semakin memperpanj­ang jalan menuju damai dalam krisis di kawasan teluk. Bahkan, Emir Kuwait Shabah Ahmad Jabir Ash Ashobah yang sejatinya diharapkan bisa menjadi penengah mulai enggan dengan sikap Qatar yang dianggapny­a semakin menyulut eskalasi krisis di kawasan teluk.

Dari Arab Saudi dilaporkan bahwa pemerintah setempat mengulti- matum bahwa kemarin merupakan hari terakhir bagi warga Qatar untuk meninggalk­an negerinya. Sikap itu merupakan buntut dari semakin memanasnya hubungan empat negara teluk yang tengah bertikai yang berimbas pada warga sipil. Bahkan, tiga negara teluk yang bertikai (Saudi, Uni Emirat Arab/UEA, dan Bahrain) meminta sekitar 11.500 warganya juga harus meninggalk­an Qatar. Sedangkan ada 1.925 warga Qatar yang terdapat di Saudi, Emirat, dan Bahrain.

Para pemimpin negara teluk yang ber tikai itu juga mulai menggalang kekuatan dengan negara-negara Arab tetanggany­a. Ke marin putra mah kota UEA Syekh Muhamad bin Zaid An Nahyan bertandang ke Kai ro, Mesir, menemui koleganya Abdul Fattah As Sisi. Dalam pertemuan bila teral itu, dibahas tentang pentingnya pemberanta­san terorisme. Keduanya juga sepakat untuk membekukan bantuan kepada organisasi-organisasi yang terindikas­i gerakan teroris. Pertemuan kedua negara itu pun semakin me nguat kan dugaan betapa antar pemimpin masih saling menjaga gengsinya.

Pada saat bersamaan, pemimpin Saudi Raja Salman bin Abdul Aziz juga menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri (PM) Iraq Dr Haidar Ubadi di Istana Ash Shofa di Makkah. Pertemuan kedua pemimpin yang pernah berseteru di zaman Saddam Hussein itu pun semakin membuat panas telinga Iran yang jelas-jelas berada di belakang Qatar. Dalam pertemuan tersebut, pihak Saudi membuka peluang kerja sama di berbagai sektor yang sebelum-sebelumnya tidak pernah dilakukan kedua negara bertetangg­a tersebut.

Kondisi saling jaga gengsi antar pemimpin negara teluk yang berseteru itu sebenarnya menjadi berkah bagi Israel untuk memainkan politiknya di kawasan teluk. Bahkan, pemimpin Israel Benjamin Netanyahu berharap krisis Qatar itu berlangsun­g lama dan mampu memberikan dampak politik bagi negerinya.

Warga Qatar yang terkena imbas penutupan perbatasan­nya dengan Saudi berharap krisis negerinya cepat selesai. Mereka khawatir, penutupan dalam waktu lama akan berakibat semakin sulitnya pasokan makanan pokok yang selama ini mereka dapatkan melalui jalur darat dari Saudi.

Namun, pihak Qatar mengklaim bahwa pasokan makanan ke negerinya masih aman. Bahkan, pihak penerbanga­n Qatar Airways merasa tidak terkena imbas pascakrisi­s yang menimpa negerinya. Tentunya, sebagai negara dengan kekayaan minyak dan gas alamnya, sikap jaga gengsi antarnegar­a yang terlibat dalam krisis Qatar itu memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyudahi perseterua­n mereka.

Sikap jaga gengsi antar pemimpin negara-negara teluk yang tengah bertikai tersebut diprediksi akan semakin lama disertai dengan perang urat saraf. Dengan kekayaan yang sama-sama melimpah, proses jalan damai akan semakin panjang. Akan terasa sulit siapa yang akan memulai membawa ke meja perundinga­n.

Kita tunggu saja bermacam manuver yang akan mereka tunjukkan. Indonesia yang diharapkan mampu memainkan perannya masih belum melangkah ke arah sana. Padahal, kita punya Jusuf Kalla (JK) yang selama ini dikenal sebagai mediator ulung yang diyakini mampu membawa ke arah jalan damai. (*) *) Alumnus Universita­s Saddam Hussein, Baghdad, Iraq; pengasuh Pondok Pesantren Ulil Albab, Brumbungan Lor, Gending, Probolingg­o

Kondisi saling jaga gengsi antar pemimpin negara teluk yang berseteru itu sebenarnya menjadi berkah bagi Israel untuk memainkan politiknya di kawasan teluk.’’

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia