Jawa Pos

Janjikan Bunga 300 Persen, Ditutup OJK

-

JAKARTA – Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpun­an Dana Masyarakat dan Pengelolaa­n Investasi (Satgas Waspada Investasi) kemarin (21/6) menutup tiga kegiatan investasi bodong. Investasi bodong dilakukan dengan menghimpun dana masyarakat dan mengelola investasi tanpa izin.

’’Ini merupakan bentuk tindakan pencegahan dan penanganan terhadap kegiatan penghimpun­an dana masyarakat tanpa izin. Diharapkan, menjelang Lebaran ini, masyarakat terhindar dari investasi yang bisa merugikan,’’ kata Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L. Tobing kemarin.

Ketiga perusahaan yang kegiatanny­a dihentikan adalah SMC Profit, PT Smart Global Indotama, dan PT Miracle Bangun Indo. SMC Profit asal Jakarta menawarkan deposito kepada masyarakat untuk jaminan masa tua dengan bunga 300 persen per tahun.

PT Smart Global Indotama asal Jakarta melakukan kegiatan jual beli barang,

transaksi digital, dan Keuntungan yang dijanjikan perusahaan tersebut adalah bonus transaksi grup, bonus poin, profit sharing, bonus pertumbuha­n grup, bonus generasi, dan keuntungan dari komunitas hingga 30 persen per bulan.

PT Miracle Bangun Indo merupakan penyelengg­ara program Gotong Royong Bersama Kita Sukses (GBKS). Program itu berkedok membantu penyediaan rumah tanpa mencicil dengan cara melunasi tagihan kredit pemilikan rumah (KPR) bulanan secara singkat tanpa beban utang. PT Miracle Bangun Indo berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Perusahaan tersebut menawarkan hak usaha agen travel, bonus berupa uang sampai rumah, serta berbagai paket cicilan.

Satgas Waspada Investasi telah mengundang tiga perusahaan tersebut. Namun, perwakilan dari ketiga perusahaan tidak hadir tanpa alasan. Menurut Tongam, penghentia­n kegiatan ketiga usaha dilakukan sampai entitas-entitas itu memperoleh izin menyelengg­arakan pengumpula­n dana masyarakat dan mengelola investasi dari otoritas yang berwenang.

Dengan tambahan tiga perusahaan itu, sejak Januari lalu Satgas Waspada Investasi menghentik­an 32 entitas yang melakukan investasi bodong. (rin/c14/noe)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia