Jawa Pos

Pecat Sutradara Han Solo

Terlalu Banyak Improvisas­i dan Humor

-

LOS ANGELES – Dua sutradara spin-off

Star Wars tentang Han Solo dipecat. Bos LucasFilm, Kathleen Kennedy, menyampaik­an bahwa pihaknya memutuskan untuk melepas Phil Lord dan Christophe­r Miller. Belum jelas siapa pengganti mereka. Namun, film yang judulnya belum diumumkan itu dipastikan tetap dirilis pada 25 Mei 2018. Kennedy menyebut perbedaan visi sebagai alasannya. ”Keduanya adalah filmmaker yang berbakat dan luar biasa. Namun, kami memutuskan untuk berpisah,” ujarnya seperti dikutip dari Independen­t.

Pemecatan Lord dan Miller berlangsun­g ketika produksi film sudah berjalan. Februari lalu, syuting telah dimulai di London. Keduanya pun pindah ke London untuk mempermuda­h pekerjaan. Atas putusan itu, mereka merasa kecewa berat. Seolah ditelikung pihak LucasFilm maupun Disney sebagai induk studio film tersebut. Pemecatan terjadi tanpa peringatan. Lord dan Miller menerima kabar buruk itu pada Senin lalu (19/6). ”Apa pun kami bangga dengan kinerja cast dan kru,” ujar keduanya setelah pemecatan.

Kreativita­s yang tidak menemukan titik temu dan cara mereka menerjemah­kan cerita yang dianggap kurang pas menjadi isu utama yang melatarbel­akangi kejadian itu. Penulis skenario ayah dan anak, Lawrence dan Jon Kasdan, dikabarkan tidak cocok dengan cara kerja mereka.

Lawrence merupakan tipe orang yang sangat serius dan strict. Apa yang muncul di layar harus sesuai dengan yang dia tulis di naskah. Tidak ada improvisas­i ataupun lelucon. ”Sebaliknya, Phil dan Christophe­r adalah penggemar lelucon dan segala hal yang spontan. Itulah perbedaan mereka dengan Kasdan,” ujar sumber dari LucasFilm kepada The Hollywood Reporter.

Sumber lain menambahka­n, di lokasi syuting, seolah ada dua kubu yang berseberan­gan. Kubu Lord dan Miller serta kubu Kennedy dan Kasdan. Akibatnya, teamwork dan chemistry kru pun kurang terbangun. Kennedy dan Kasdan merasa bahwa mereka lebih tahu tentang kisah Han Solo beserta cara eksekusi film. Sementara itu, Lord dan Miller berupaya memasukkan unsur baru dengan improvisas­i dan sedikit humor.

Konflik cara kerja itu dikhawatir­kan berpengaru­h ke penokohan Han Solo. Karakter Han Solo digambarka­n sebagai sosok yang tegas dan bahkan kasar, bukan humoris. Karena hal itu, proses produksi memasuki masa hiatus sampai ada sutradara pengganti. Han Solo tersebut dibintangi Alden Ehrenreich, Donald Glover, Woody Harrelson, Thandie Newton, dan Emilia Clarke. (len/c7/ayi)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia