Jawa Pos

Mundur Akting

-

LOS ANGELES – Daniel DayyLewis, 60. Aktor pencatat sejarah h sebagai pemenang terbanyak k piala Aktor Terbaik dalam Academy Awards itu membuat keputusan mengejutka­n. Melalui juru bicaranya, Leslee Dart, diaa mengumumka­n mundur dariri dunia hiburan.

’’Daniel Day-Lewis tak akan lagi bekerja sebagai aktor. Dia sangat berterima kasih kepada semua partner dan penontonny­a. Ini adalah keputusan pribadi. Dia tak bakal lagi memberikan komentar lebih lanjut tentang hal ini,’’ ujar Dart dilansir dari Variety kemarin (21/6).

Day-Lewis merupakan aktor besar. Namanya lima kali masuk nominasi Aktor Terbaik Oscar dengan tiga kali kemenangan lewat My Left Foot (1989), There Will Be Blood (2007), dan Lincoln (2012).

Sebelumnya, Day-Lewis pernah beberapa kali menyatakan ingin berhenti berakting. Pertama, ketika tampil dalam pertunjuka­n teater Hamlet di National Theatre, London, pada 1989. Saat itu DayLewis yang memerankan Shakespear­e mengaku berbicara pada hantu berwujud ayahnya, Cecil Day-Lewis. Setelah itu, dia menangis terisak, lalu meninggalk­an panggung. Sejak itu dia tak lagi kembali ke panggung teater.

Aktor yang memulai debut aktingnya pada 1971 tersebut lantas melanjutka­n karirnya sekitar 1996. Dia bermain dalam The Boxer (1997). Namun, Day-Lewis memang sulit ditebak. Setelah membintang­i film yang meraih tiga nominasi Golden Globes tersebut, dia menghilang dari spotlight selama lima tahun.

Selama vakum itu, diketahui bahwa Day-Lewis menjadi perajin sepatu di Florence, Italia. Mengakhiri vakum, Day-Lewis lalu kembali berakting di Gangs

of New York pada 2002. Setelah itu, Day-Lewis menunjukka­n tanda ingin berhenti berakting lagi. Dikutip dari The Irish Time pada 2002, Day-Lewis merasa lelah dengan siklus akting yang menurutnya tidak berguna. ’’Sebagai seorang aktor, kamu belajar, kamu belajar, kamu syuting dan syuting dalam waktu yang lama dan kemudian kamu sadar bahwa kamu tak belajar apa pun,’’ tuturnya.

Namun, rupanya dia tak benarbenar bisa berhenti berakting. Ayah tiga anak itu lantas bermain dalam Lincoln yang mengantark­annya mendapat Oscar. Selesai Lincoln, Day-Lewis vakum lagi. Kali ini dia memilih jadi petani di County Wicklow, Irlandia.

Sebelum benar-benar berhenti, Day-Lewis masih menyisakan satu film bagi penggemar. Film drama yang berjudul Phantom Thread dirilis pada Desember mendatang.

Banyak fans yang berharap pamitan ini tak berlangsun­g selamanya. Bisa saja suatu hari dia kembali lagi berakting seperti yang pernah dikatakann­ya. ’’Aku tak pernah pergi. Aku hanya butuh waktu untuk mengerjaka­n pekerjaan yang aku sukai.’’ Semoga..... (adn/c14/ayi)

 ??  ??
 ??  ?? DANIEL DAY-LEWIS
DANIEL DAY-LEWIS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia