Jawa Pos

Kesan Bersih, Pilih Yang Netral

-

PERLUKAH menyiapkan bujet khusus untuk mempercant­ik rumah sebelum Lebaran? Well, bergantung berapa banyak yang ingin diubah. Desainer interior Caesario Budianto ST, MT, menegaskan bahwa tidak semua bagian rumah harus dirombak. ’’Prioritask­an ruang tamu dan ruang keluarga karena kedua ruangan itu bakal banyak digunakan untuk silaturahm­i,’’ ucapnya.

Rio, sapaan Caesario, menjelaska­n bahwa perubahan sebaiknya berfokus pada soft furnishing alias pemilihan item table runner, bantal, karpet, hingga gorden yang spesial. ’’Selain mudah, mengganti warna atau motif perabot tersebut bisa ’mengangkat’ suasana dengan cepat,’’ tutur alumnus Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaa­n ITS Surabaya itu.

Dia menambahka­n, pemilihan gorden atau sarung bantal disarankan senada. Tidak perlu seragam asal masih satu konsep sehingga bisa jadi benang merah desain rumah. Untuk pemilihan warna, pernik-pernik rumah bisa disesuaika­n dengan kesan yang ingin ditampilka­n. Misalnya, menampilka­n kesan bersih dan lapang lewat warna-warna netral.

’’Kelabu, cokelat, krem, dan ivory bisa masuk dan menyatu dengan warna apa saja. Kelebihan lainnya, warna tersebut tidak terlalu heboh. Jadi, masih bisa dipertahan­kan meski momen Lebaran sudah lewat,’’ jelas desainer interior yang bermukim di Surabaya tersebut.

Jika memang ada bujet lebih, mengecat ruangan boleh dilakukan. Dengan catatan, pengecatan tidak mepet. Sebab, kondisi dinding seperti retak, lembap, atau jamur harus ditangani lebih dulu. Dia menuturkan, jika ingin memermak dinding, ada dua opsi selain mengecat.

Pertama, penggunaan wallpaper. Pemasangan­nya lebih cepat dan praktis. Kedua, memasang art work. (fam/c15/na)

 ?? CAESARIO BUDIANTO FOR JAWA POS ?? BERI AKSEN: Ruangan yang didominasi warna netral ini menarik berkat sentuhan hijau segar dan hiasan kaligrafi di dinding.
CAESARIO BUDIANTO FOR JAWA POS BERI AKSEN: Ruangan yang didominasi warna netral ini menarik berkat sentuhan hijau segar dan hiasan kaligrafi di dinding.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia