Jawa Pos

Tol Moker Masih Berdebu

Tanpa Pagar Pembatas, Minim Rambu-Rambu

-

JOMBANG – Pemudik yang melintas di tol fungsional Mojokerto–Kertosono (Moker) seksi II dan IV harus ekstrahati-hati. Penyebabny­a, selain rambu-rambu belum seluruhnya terpasang, kondisi jalan belum sempurna. Mulai minimnya pembatas jalan hingga masih adanya beberapa alat berat di sekitar lokasi.

Belum lagi, lokasi pengalihan jalur juga harus benar-benar diketahui pengendara. Mengingat, hingga kemarin, tak ada satu pun petugas yang berjaga.

Pantauan di lapangan menyebutka­n, para pemudik harus berhatihat­i mulai pintu masuk Moker seksi II atau dari ruas Desa Pagerluyun­g, Kecamatan Gedeg, Mojokerto. Kondisi jalan di ruas jalan tersebut, atau di Dusun Kandangan, Desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben, belum seluruhnya sempurna dan aman. Di ruas jalan tol fungsional seksi II itu hanya satu jalur yang difungsika­n, yakni sisi kiri atau dari arah timur.

Sejumlah rambu sementara memang sudah terpasang. Namun, di ruas jalan tersebut pemudik sudah disambut dengan beda tinggi permukaan jalan. Tepatnya di bawah overpass yang belum berfungsi. ’’Jembatanny­a belum rata, baru dicor, sampai sekarang belum ditambahi aspal,’’ ujar Ari Sudarmawan, salah seorang warga setempat di lokasi.

Itu yang mengakibat­kan para pengendara tertipu oleh kondisi jalan yang dianggap mulus. Tidak jarang beberapa kendaraan terjebak gara-gara belum ratanya ruas jalan tersebut. ’’Sebenarnya sudah ada rambu, namun masih banyak yang belum tahu. Mungkin karena baru pertama lewat,’’ terang dia.

Beruntung, di lokasi warga memberikan isyarat atau tanda peringatan kepada para pengendara yang melintas. Tentunya, tujuannya agar para pengedara mengurangi laju kecepatan kendaraann­ya. (fid/nk/c4/end)

 ??  ??
 ?? ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG ?? TIDAK AMAN: Kondisi jalur tol fungsional di Desa/Kecamatan Bandarkedu­ngmulyo.
ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG TIDAK AMAN: Kondisi jalur tol fungsional di Desa/Kecamatan Bandarkedu­ngmulyo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia