Jawa Pos

Jalur Tol Makin Sibuk

Volume Kendaraan Terus Meningkat

-

MOJOKERTO – Jumlah kendaraan pemudik yang melintas di jalur tol Mojokerto–Kertosono ( Joker) terus meningkat. Volume kendaraan rata-rata naik hingga 600 unit per hari.

Hal itu ditegaskan Humas PT Marga Harjaya Infrastruk­tur Della Rosita kepada Jawa Pos Radar Mojokerto kemarin. Menurut dia, sejak tol Joker dibuka pada 19 Juni lalu, jumlah kendaraan yang masuk melalui seksi I mencapai 2.860 unit. Sementara itu, kendaraan yang melintas melalui seksi III mencapai 1.364 unit. ’’Terus meningkat,’’ katanya.

Pada hari kedua, peningkata­n cukup mencolok. Di seksi I yang menghubung­kan Bandar Kedungmuly­o dengan Tembelang, Jombang, jumlah kendaraan mencapai 3.200 unit. Sementara itu, di gerbang tol Mojokerto Barat, jumlah kendaraan mencapai 1.614 unit.

Jumlah tersebut diprediksi kembali naik secara pesat pada H-2. Della menyatakan, jumlah kendaraan bisa mencapai 6 ribu unit. ’’Kalau sekarang, peningkata­n volume 600 kendaraan per hari,” jelasnya.

Volume kendaraan meningkat setelah jalur seksi II (19,9 kilometer) dan seksi IV (0,9 kilometer) difungsika­n. Dengan demikian, pemudik dari Surabaya bisa langsung menuju ke Kertosono, Kabupaten Ngajuk. Sebelumnya, kedua seksi membuat tol Trans Jawa sepanjang 40,5 kilometer tak bisa tersambung sepenuhnya. Seksi III (5 kilometer) dan seksi I (14,7 kilometer) terputus.

Della menjelaska­n, lantaran pembanguna­nnya belum tuntas, jalur fungsional seksi II dan IV hanya dibuka selama arus mudik dan balik Lebaran 2017. Para pemudik hanya bisa melintas pukul 06.00– 17.00 saat arus mudik dibuka satu lajur dari arah Surabaya menuju Nganjuk pada 19–27 Juni. Sementara itu, arus balik diberlakuk­an sebaliknya pada 28 Juni–2 Juli. Jalur fungsional itu hanya diperuntuk­kan bagi kendaraan golongan I nonbus dan nonbarang,” ucapnya.

Pemudik dari arah Surabaya bisa masuk melalui seksi IV tol Surabaya–Mojokerto (Sumo) melalui gerbang tol Penompo, lalu keluar di gerbang tol Mojokerto Barat. Pemudik bisa melanjutka­n perjalanan lewat jalur fungsional seksi II ke jalur operasiona­l seksi 1. Dari seksi tersebut, pemudik bisa putar balik di gerbang tol Bandar Kedungmuly­o menuju seksi IV, kemudian keluar di simpang empat Kertosono. (ron/abi/c23/end)

 ?? JAWA POS RADAR MOJOKERTO ?? ANYAR GRES: Jalur tol Mojokerto– Kertosono sudah dilalui pemudik yang akan semakin padat kendaraan pada H-1.
JAWA POS RADAR MOJOKERTO ANYAR GRES: Jalur tol Mojokerto– Kertosono sudah dilalui pemudik yang akan semakin padat kendaraan pada H-1.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia