Jawa Pos

MISI PERSONAL JOGI

-

MOSKOW – Moskow pernah memberikan memori indah bagi Joachim Loew. Di ibu kota Rusia tersebut, delapan tahun lalu, Loew menembus Piala Dunia pertamanya sebagai der trainer Jerman. Kemenangan 1-0 atas tuan rumah memastikan Die Mannschaft –sebutan timnas Jerman– meraih tiket ke Afsel 2010.

Dini hari nanti Jogi –sapaan akrab Loew– berpeluang menambah kenangan manisnya di kota yang dijuluki Tretiy Rim (Roma Ketiga) itu. Yakni, ketika Jerman menghadapi Cile dalam

matchday kedua grup B Piala Konfederas­i 2017 di Kazan Arena (siaran langsung RTV pukul 22.00 WIB). Kenangan manis yang dimaksud adalah mencapai kemenangan keseratus bersama Jerman. Jogi saat ini memiliki statistik 99 menang, 26 seri, dan 23 kalah sejak menangani Die Mannschaft pada 12 Juli 2006. Kemenangan atas Cile juga penting bagi Jerman karena akan mengantark­an Julian Draxler dkk mengunci satu tiket semifinal dari grup B.

Dikutip dari situs resmi DFB (Federasi Sepak Bola Jerman), Loew mengakui tidak akan mudah menundukka­n Cile. La Roja –sebutan Cile– jelas memiliki kekuatan di atas Australia yang dikalahkan Jerman 3-2 di matchday pertama (19/6). ”Mereka (Cile) memiliki level yang berbeda (dengan Australia, Red),” ujar Jogi.

Sepanjang karir, hanya sekali Jogi pernah menghadapi Cile. Yakni, dalam uji coba di Me rc e d e s - Benz Arena, Stuttgart, pada 5 Maret 2014. Dalam laga tersebut, Jerman menang tipis 1-0. Padahal, kala itu Cile belum setangguh sekarang. Belum menahbiska­n diri sebagai juara Co pa America dua edisi terakhir (2015 dan 2016).

Kerangka tim Cile di Stuttgart juga berbeda dengan yang dibawa pelatih Juan Antonio Pizzi di Piala Konfederas­i. ”Mereka luar biasa versatile- nya dan dapat memainkan sepak bola yang intensif. Jadi, kami butuh memperbaik­i stabilitas permainan kami sepanjang 90 menit. Bukan hanya 60 menit,” tutur Jogi. Ya, permainan Jerman yang

ngedrop dalam setengah jam terakhir saat melawan Australia bisa memberikan keuntungan bagi Cile. Mengacu kemenangan 2-0 atas Kamerun (18/6), Cile mampu mencetak gol-golnya pada sepuluh menit terakhir. Dengan Jerman dan Cile termasuk top three tim yang banyak menghasilk­an tembakan di matchday pertama ( Jerman 18 kali, Cile 16 kali), laga bakal diwarnai jual beli serangan.

Kabar gembira diterima Cile. Bintang penyerang andalannya, Alexis San chez, dikabarkan sudah pulih dari cedera betis dan siap dima i nkan sejak awal. Laga dini hari nanti sekaligus diwarnai duel rekan seklub. Di antaranya, Julian Brandt, winger kanan Jerman, yang akan menghadapi rekannya di Bayer Leverkusen, Charles Aranguiz. Arturo Vidal dan Joshua Kimmich pun harus melupakan sejenak pertemanan di Ba yern Muenchen. (ren/c10/ dns)

 ?? KAZANAN ARENA, KAZAN FOTO: CARLOS PARRA/ANFP/REUTERS-MARTIN MEISSNER/AP-GRAFIS: BUDIONO/JAWA POS ??
KAZANAN ARENA, KAZAN FOTO: CARLOS PARRA/ANFP/REUTERS-MARTIN MEISSNER/AP-GRAFIS: BUDIONO/JAWA POS
 ??  ?? KANS EMPAT BESAR: Arturo Vidal bakal meloloskan Cile ke semifinal seandainya mampu mengalahka­n Jerman. Foto kanan, Joachim Loew memburu kemenangan ke-100.
KANS EMPAT BESAR: Arturo Vidal bakal meloloskan Cile ke semifinal seandainya mampu mengalahka­n Jerman. Foto kanan, Joachim Loew memburu kemenangan ke-100.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia