Jawa Pos

Semifinal di Depan Mata

-

MOSKOW – Gol Cristiano Ronaldo saat laga baru berjalan sembilan menit belum menenangka­n Portugal. Sebab, Portugal gagal mencetak gol berikutnya untuk mengamanka­n pertanding­an. Sebaliknya, Rusia yang bangkit menyerang pada babak kedua menciptaka­n serangkaia­n peluang.

Namun, hingga laga di Otkrytiye Arena itu berakhir tadi malam (21/6), Rusia harus mengakui keunggulan Seleccao das Quinas –sebutan Portugal– lewat gol semata wayang Ronaldo.

Portugal yang kini mengoleksi empat poin memang belum otomatis lolos ke semifinal. Namun, seiring dengan hanya menghadapi tim pupuk bawang Selandia Baru pada matchday terakhir grup B di Krestovsky Stadium (24/6), kans Roanldo dkk melangkah ke empat besar sangat terbuka. Pada hari dan jam yang sama, Rusia (3 poin) harus menjalani laga hidup mati melawan tim ulet, Meksiko, di Kazan Arena.

Pelatih Portugal Fernando Santos merespons positif kemenangan timnya. Apalagi di depan publik tuan rumah yang terus meneror timnya. ”Mengalahka­n tuan rumah tentu merupakan hasil bagus. Tim ini memang sudah terbiasa bertanding dalam tekanan tinggi,” katanya sebagaiman­a dikutip situs resmi FIFA.

Dalam laga tadi malam, San- tos merotasi beberapa pemain. Ricardo Quaresma dan Nani digantikan dua pemain muda yang musim depan sama-sama membela klub baru, Bernardo Silva (Manchester City) dan Andre Silva (AC Milan). Jose Fonte yang sering ”bocor” saat Portugal ditahan 2-2 oleh Meksiko (18/6) juga digantikan Bruno Alves. Hasilnya, gawang Rui Patricio clean sheet.

Di sisi lain, Rusia yang cenderung memperkuat pertahanan melalui skema 5-4-1 tidak mampu bermain lepas dan malah sering melakukan kesalahan passing. Sisi sayap Sbornaya –julukan Rusia– beberapa kali juga dieksploit­asi Ronaldo, Bernardo, dan Andre Gomes. (ren/c23/dns)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? JEBOL: Cristiano Ronaldo yang lepas dari kawalan Fyodor Kudryashov (kanan) berhasil menaklukka­n kiper Igor Akinfeev di Otkrytiye Arena, Moskow, tadi malam.
DIPTA WAHYU/JAWA POS JEBOL: Cristiano Ronaldo yang lepas dari kawalan Fyodor Kudryashov (kanan) berhasil menaklukka­n kiper Igor Akinfeev di Otkrytiye Arena, Moskow, tadi malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia