Jawa Pos

Lakers Sedang Bermain Catur

Buang Russell, Incar Paul George

-

LOS ANGELES – Los Angeles Lakers membuat heboh bursa pemain kemarin. Mereka melepas pemain yang digadangga­ndang sebagai sosok terpenting tim di masa depan, D’Angelo Russell.

Russell dan center Timofey Mozgov dikirim ke Brooklyn Nets untuk ditukar dengan center Brook Lopez dan jatah pick urutan ke-27 Nets pada NBA Draft 2017 yang akan berlangsun­g Jumat WIB (23/6).

Secara kasatmata, kesepakata­n itu menguntung­kan Nets. Bagaimana tidak, Russell disebut-sebut sebagai pemain dengan masa depan cerah. Pada NBA Draft 2015, Lakers mengambil pemain asal Ohio State University tersebut di urutan kedua. Musim lalu Russell menjadi pemain tersubur kedua Lakers dengan torehan 15,6 poin per game. Pemain 21 tahun itu juga mencatat 4,8 assist per game, terbanyak dari seluruh pemain Lakers.

Namun, trade tersebut ibarat permainan catur bagi Lakers. Itulah langkah berani pertama president of basketball operations yang baru, Earvin ’’Magic’’ Johnson.

Dilepasnya Russell dan Mozgov serta kedatangan Lopez membuat Lakers memiliki ruang salary caps yang lebih luas pada bursa free agent musim depan. Lakers mengirit lebih dari USD 60 juta (Rp 798 miliar) yang bisa digunakan untuk merekrut pemain bintang berkontrak besar.

Sekarang Lakers bekerja untuk mendatangk­an megabintan­g NBA LeBron James. Sebab, pada bursa free agent musim depan, kontrak MVP NBA empat kali itu bersama Cleveland Cavaliers akan habis.

Selain itu, Lakers kini tengah dihubunghu­bungkan dengan bintang Indiana Pacers Paul George yang berstatus free agent pada 1 Juli.

Dengan tambahan satu jatah dari Nets kemarin, Lakers memiliki tiga kesempatan untuk memilih pemain pada putaran pertama NBA Draft. Yakni di nomor urut 2, 27, dan 28.

’’Saat ini Lakers sedang bernegosia­si intensif dengan George,’’ ucap jurnalis NBA terkenal Adrian Woj- narowski. Bahkan, untuk mewujudkan keinginan itu, Lakers disebutseb­ut siap menambah paket trade agar lebih menarik. Yakni, memasukkan dua nama pemain muda potensial mereka sekaligus, Jordan Clarkson dan Julius Randle.

Jatah NBA Draft yang dilepas Lakers sangat mungkin adalah nomor urut 27 atau 28. Untuk jatah urutan kedua, Lakers bakal memanfaatk­annya guna menggaet point guard asal University of California Lonzo Ball atau De’Aaron Fox (University of Kentucky). Mereka diproyeksi­kan menggantik­an peran Russell musim depan. (irr/c19/nur)

 ?? TANNEN MAURY/EPA ??
TANNEN MAURY/EPA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia