Jawa Pos

Mumi pun Main Skateboard di Jalanan

-

SURABAYA – Mumi, Power Rangers, hingga Wonder Woman berkumpul di Taman Skate BMX, Jalan Embong Kaliasin, kemarin (21/6). Mereka bersama 200 orang lainnya asyik bermain skateboard. Ya, itu adalah perayaan Hari Skateboard­ing Internasio­nal ala para

dari Surabaya dan sekitarnya. Mulai pukul 16.00 kemarin mereka beraksi dengan mengelilin­gi Kota Surabaya. Titik mulainya adalah Jalan Pemuda, lalu ke Monumen Bambu Runcing serta Jalan Basuki Rahmat. Aksi serentak bermain

tersebut menarik perhatian masyarakat. Banyak pengguna jalan yang berhenti, lantas mengabadik­an momen itu.

Apalagi, beberapa tampil nyeleneh. Mereka bermain dengan menggunaka­n kostum dan Lihat saja aksi Nyoman Diarta

Betapa tidak, Supainah bekerja di Arab Saudi selama 25 tahun.

Dan umi tidak pernah pulang sama sekali,’’ tutur Sueb, 45, putra pertama Supainah.

Tidak heran jika seluruh anggota keluarga dari Sampang beramairam­ai menyambut kedatangan­nya. Mulai anak, menantu, hingga semua cucu ditambah adik Supainah. Tadi sampai bawa tiga mobil,’’ tambahnya.

Seluruh keluarga, terutama anak-anaknya, tidak bisa menahan haru ketika sang ibu keluar dari pintu kedatangan. Sumiati, 35, putri keempat Supainah, bahkan tampak sesengguka­n ketika merangkul ibunya. Tentu tangis bahagia. Rasa kangen pada sang ibu sejak kelas V SD kemarin terbayar.

Supainah juga merasa lega karena bisa kembali berkumpul dengan anak-anaknya. Kemarin dia kali pertama melihat cucu-cucunya secara langsung. Waktu saya tinggal, semua anak saya masih sekolah. Sekarang sudah menikah semua,’’ katanya. Dia mengatakan sempat sedih ketika tidak bisa menghadiri akad nikah lima anaknya. Tapi, setidaknya saya bisa membiayai,’’ tambahnya.

Selama di Arab Saudi Supainah bekerja sebagai pekerja rumah tangga. Beberapa kali dia berganti majikan. Gajinya beda-beda. Awalnya 700 (riyal), lalu 1.000, 1.200, sekarang 2.000,’’ tutur Supainah. Dia menyatakan tidak bisa pulang selama 25 tahun karena harus melunasi utang. Selain itu, dia harus membiayai pendidikan lima anaknya hingga kuliah.

Di majikannya yang terakhir, dia bertahan sampai 15 tahun. Majikan terakhirny­a sudah seperti keluarga sendiri. Namun, mereka harus memulangka­n Supainah karena usianya yang sudah semakin senja. Sueb menambahka­n, ada peraturan baru untuk pekerja asing di Arab Saudi. Soal kartu identitas. Umi harus pulang, tidak punya KTP sana (Arab Saudi),’’ ucap Sueb.

Bukan hanya Supainah, banyak TKI lain yang juga mendapat sambutan hangat dari keluargany­a. Ratusan TKI tiba di Surabaya lewat jalur udara setiap hari. Berdasar data Posko Counter TKI Terminal 2, jumlah kedatangan TKI paling tinggi terjadi pada Minggu (18/6). Hari itu tercatat ada 477 TKI asal Jawa Timur yang mendarat di Bandara Internasio­nal Juanda. Sementara itu, total keseluruha­n TKI yang pulang pada 15–20 Juni mencapai 2.090 orang.

Achmad Choirul, salah seorang petugas posko, menuturkan bahwa arus kedatangan TKI biasanya meningkat saat sore hingga malam.

Beberapa penerbanga­n internasio­nal baru mendarat sekitar pukul 18.00–19.00,’’ jelasnya ketika ditemui Jawa Pos kemarin.

TKI yang tiba pada pagi hingga siang umumnya menggunaka­n penerbanga­n domestik dari Jakarta setelah transit beberapa saat dari pesawat internasio­anal. Puncak arus mudik untuk TKI diprediksi terjadi hari ini. Puncaknya sekitar 21-22 Juni dan akan terus ramai sampai Sabtu (24/6),’’ papar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigra­si (Disnakertr­ans) Jawa Timur Setiajit saat ditemui di kantornya. (deb/c15/git)

 ?? DITE SURENDRA/ JAWA POS ?? skater skateboard skater skateboard make-up.
DITE SURENDRA/ JAWA POS skater skateboard skater skateboard make-up.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia