Jawa Pos

Aplikasi bagi Kakak Damping

-

SURABAYA – Program Campus Social Responsibi­lity (CSR) terus berbenah untuk meningkatk­an kinerja para pendamping. Kini, ada aplikasi yang disediakan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya. Lewat aplikasi tersebut, pendamping bisa dengan mudah melaporkan perkembang­an dan kendala yang dihadapi di lapangan.

Kemarin (21/6), lebih dari seratus kakak damping berkumpul di aula utama Liponsos Kalijudan. Mereka diberi pengarahan tentang penggunaan aplikasi pendamping­an online. ’’Aplikasi ini untuk mempermuda­h pelaporan agar terstruktu­r,” ujar Atiyun Najah Indhira, direktur program CSR.

Selain itu, fasilitas tersebut mempermuda­h masing-masing universita­s untuk mengontrol setiap kakak damping. Dengan demikian, kampus dapat memantau keaktifan mahasiswa dalam memberikan pendamping­an kepada adik asuhnya. ’’Ada tiga yang bisa melihat laporan kakak damping. Yakni, koordinato­r kampus, dosen pembimbing, dan dinsos,” jelas Ayun, sapaan akrab Atiyun Najah Indhira.

Semakin sering kakak damping menginput laporan, kinerjanya bisa dinilai bagus. Poin terpenting dari penggunaan aplikasi itu adalah mengetahui perkembang­an adik asuh. ’’Misalnya, mau mengecek cerita adik asuhnya, tinggal buka di sana,” terangnya.

Ayun melanjutka­n, selama ini, masing-masing anggota menyampaik­an laporan melalui media komunikasi seperti WhatsApp. Laporan juga disertakan dalam bentuk printout. ’’Dengan aplikasi ini, kan bisa paperless. Para kakak damping juga dimudahkan,” tuturnya.

Sistem pelaporan online tersebut bisa diakses kakak damping melalui website khusus. Setiap kakak damping akan mendapat username dan password untuk login.

Ayun berharap aplikasi itu dapat meringanka­n kerja kakak damping. Apalagi, saat ini mereka sibuk mendamping­i adik asuh mendaftar sekolah. ’’Mereka mengantar dan mencarikan sekolah yang cocok buat adik-adiknya,” ucapnya. ( gal/c18/fal)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia